Jowonews

Ratusan Kiai dan Ulama Ikuti Khataman HUT ke-13 MAJT

SEMARANG,Jowonews.com – Ratusan kiai, ulama dan santri di Kota Semarang mengikuti khataman Quran 30 juz, tahlil, yasin dan membaca asmaul husna dalam rangka HUT Ke-13 Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan Harlah Ke-9 Radio Dakwah Islam (DAIS) 107,9FM.
Khataman Quran dipimpin imam besar MAJT KH Ulil Abshor AlHafidz, Wakil Ketua KH Hanief Ismail Lc dan Sekretaris Drs KH Muhyidin MAg. Sedang pembacaan Alquran 30 juz dipimpin Ir KH Khammad Maksum dan para santri pondok pesantren Roudlotul Quran, Kauman Semarang.
‘’Masjid ini didirikan karena dasar Alquran dan Asmaul Husna. Maka kalau sekarang pengurus MAJT melanggengkan khataman Alquran dan Asmaul Husna itu memang seharusnya,’’ kata Dr H Noor Achmad MA, Ketua Dewan Pelaksana Pengelola MAJT.
Selain karena dasar Alquran dan Asmaul Husna, masjid di Jalan Gajah Raya Semarang tersebut didirikan atas kekuatan kesungguhan dari Pemprov Jateng dimotori H Mardiyanto dan Drs H Ali Mufiz MPA, Pemkot Semarang, ulama dan masyarakat bersatupadu mendirikan masjid. ‘’Dasar lain yaitu keikhlasan masing-masing pihak untuk mendirikan MAJT. Yang demo tanah bandha masjid ikhlas, yang melepas tanah 10 hektare untuk masjid juga ikhlas, juga yang membiayai semuanya ikhlas,’’ tuturnya.
Pengurus memutuskan HUT MAJT pada Jumat 6 September 2002, ditandai dengan penancapan paku bumi oleh Gubernur Mardiyanto, KHMA Sahal Mahfudh, Menteri Agama Prof Dr KH Said Aqil AlMunawar MA dan KH Turmudzi Taslim AlHafidz. ‘’Jadi bulan ini MAJT sudah berusia 13 tahun,’’ katanya. Masjid ini diresmikan Presiden SBY pada 14 November 2006.
Dia merasa bersyukur karena Gubernur Jateng setelah H Mardiyanto yaitu H Bibit Waluyo dan dilanjutkan H Ganjar Pranowo dan Wagub Heru Sudjatmoko memberikan dukungan penuh kepada Masjid Agung Jateng. ‘’Kami merasa bersyukur punya gubernur seperti Pak Ganjar. Hampir setiap saat dia telp menanyakan perkembangan MAJT,’’ katanya.
Rencananya berbagai kegiatan akan digelar dalam rangka HUT Ke-13 yaitu Mujahadah Akbar Majelis Al-Hidmah (9/10), Santunan Yatim Piatu, Jalan Sehat pada Minggu (25/10), Mujahadah Asmaul Husna 1.000x (31/10), Lomba Mewarnai Murid TK se-Kota Semarang (8/11) dan resepsi HUT MAJT pada 14 November 2015. Rencananya MAJT akan menghadirkan para mantan ketua untuk menerima penghargaan, Gubernur Ganjar Pranowo dan Duta Besar China sekaligus meresmikan Pusat Pengembangan Budaya Islam-China .
Khataman Alquran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua MAJT Dr H Noor Achmad MA dan Ketua Pengajian Ibu-Ibu MAJT (Pima-JT) Dr Hj Nur Kusuma Dewi MSi.(JN01

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...