Jowonews

Ratusan Santri, TNI/Polri, dan Relawan Bersihkan Sungai Pengging di Boyolali

Ratusan santri bersama TNI/Polri dan relawan mengadakan aksi bersih-bersih Sungai Pengging, Boyolali, dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia dan Hari Santri Nasional.

BOYOLALI – Pada Selasa pagi, 22 Oktober 2024, ratusan santri, anggota TNI/Polri, serta relawan peduli lingkungan berkolaborasi dalam kegiatan pembersihan Sungai Pengging di Banyudono, Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yang memberikan dukungan penuh.

Aksi bersih-bersih ini diselenggarakan sebagai bentuk peringatan untuk beberapa acara penting, termasuk Hari Habitat Sedunia, HUT ke-79 TNI, dan Hari Santri Nasional ke-10. Sebelum memulai aktivitas pembersihan, para peserta diajak untuk mengaji Alquran di sepanjang bantaran sungai, menandakan keselarasan antara kebersihan lingkungan dan nilai-nilai spiritual.

Ahmad Alghozi, salah satu santri dari Darul Fath Banyudono, mengungkapkan kebanggaannya dalam berpartisipasi.

“Ya baru pertama ini ikut, banggalah bisa membersihkan sungai. Soalnya sungai ini kotor, kami sebagai santri juga harus sadar akan kebersihan, karena kebersihan sebagian dari iman,” dikutip dari iNews (22/10).

Kegiatan ini bukan hanya menjadi langkah konkret dalam menjaga kebersihan sungai, tetapi juga mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan. Pihak penyelenggara berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh bagi komunitas lain untuk turut berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.

Foto Dok. iNews/ Istimewa

BACA JUGA  Abah Lala, Pencipta Lagu Ojo Dibandingke Didaulat Menjadi Duta Kesenian Boyolali

Bagikan:

Google News

Dapatkan kabar terkini dan pengalaman membaca yang berbeda di Google News.

Berita Terkait