Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ratusan Warga Pati Demo Tolak Pabrik Semen

PATI, Jowonews.com — Ratusan warga Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar aksi damai dengan cara memasang 25 spanduk yang berisi penolakan terhadap rencana pembangunan pabrik semen di daerah mereka, Senin.

Aksi yang diikuti warga Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati tersebut, diawali dengan berkumpul di lapangan desa setempat kemudian mengadakan pawai keliling kampung.

Spanduk yang terpasang di sejumlah lokasi, diantaranya berisi tulisan “wong tani butuh lahan kanggo nandur indocement segeralah mundur, teganya dirimu kamu yang menambang saudaramu yang kena banjir bandang, desa mowo coro indocement munduro”.

Koordinator Aksi Damai, Bambang Riyanto mengungkapkan bahwa aksi ini dalam rangka membangkitkan kembali gelora gerakan lingkungan terutama terkait dengan rencana pembangunan pabrik semen di wilayah Tambakromo dan Kayen.

“Kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa di Pegunungan Kendeng ada banyak kelompok gerakan lingkungan, gerakan penolak rencana tambang dan pabrik semen,” ujarnya.Bahkan, lanjut dia, kelompok peduli lingkungan tidak hanya satu kelompok saja, melainkan cukup banyak.

“Lamanya gerakan penolakan pabrik semen ini kadang membuat masyarakat lelah. Untuk itu, harus ada model alternatif untuk mengembangkan gerakan tolak semen dan membangun kesadaran masyarakat,” ujarnya.

Salah satu yang dikembangkan oleh kelompok Ahli Waris Kendeng (AWK), yakni dengan mengusahakan agar kawasan Pegunungan Kendeng dikembangkan jadi destinasi wisata.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...