Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

REI Berharap Kerja Sama Perbankan Terkait FLPP

SEMARANG, Jowonews.com – Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah berharap adanya kerja sama yang baik dengan pihak perbankan terkait pengurusan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk rumah sederhana.

“Kami minta perbankan mempercepat proses persetujuan bagi calon debiturnya. FLPP ini kan banyak persyaratan, secara administratif, ada beberapa bank yang sangat hati-hati sehingga berpotensi menghambat,” kata Wakil Ketua REI Jateng Bidang Rumah Sederhana Andi Kurniawan di Semarang, Kamis.

Oleh karena itu, para pengembang khususnya rumah sederhana berharap bank yang ditunjuk Pemerintah menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) FLPP untuk melakukan percepatan proses persetujuan atas calon debitur.

“Mengingat kami harus memenuhi target pembangunan 16 ribu unit rumah tahun ini, percepatan pengurusan yang dilakukan oleh perbankan akan membantu kami mempercepat penyelesaian pembangunan rumah,” katanya.

Selain itu, dengan banyaknya syarat administrasi yang harus dilampirkan oleh calon konsumen membuat pihak pengembang harus lebih aktif berkomunikasi dengan pengembang. Jika percepatan dapat dilakukan maka konsumen yang tidak paham perbankan dapat selekasnya diberikan pengarahan dari pihak pengembang.

Diakuinya, saat ini realisasi pembangunan rumah di Jawa Tengah baru mencapai 3.000 unit. Diharapkan, dengan adanya percepatan tersebut paling tidak 5.000 unit rumah dapat selesai pada triwulan satu tahun ini.

Andi mengatakan, dari pengalaman sejumlah pengembang, proses pengurusan pengajuan kredit rumah di perbankan hingga 2 bulan bahkan lebih belum dapat selesai.

“Kami berharap paling tidak proses ini bisa selesai cukup dalam waktu dua minggu. Ini akan memotivasi pada pengembang untuk membangun rumah sederhana,” katanya.

Sementara itu, pihaknya juga berharap agar perbankan yang belum aktif menyalurkan KPR untuk rumah sederhana agar segera aktif melakukan kegiatan tersebut.

BACA JUGA  Ogah Ikuti Saran Ganjar, KP2KKN Tak Akan Laporkan Fadli Zon

“Yang sudah jalan kan baru BTN, BNI, dan BRI. Kami berharap perbankan yang belum di antaranya Bukopin, Artha Graha, dan Bank Jateng selekasnya ada KPR untuk rumah sederhana ini,” katanya. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...