Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Rekomendasi Balon Kepala Daerah PDIP Dikeluarkan Bertahap

PDIPSEMARANG, Jowonews.com – Rekomendasi untuk bakal  calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDIP akan dikeluarkan bertahap. Sebab, kondisi lapangan antara daerah satu dengan daearah lain memang berbeda.

“Kita mengusahakan, rekomendasi calon bisa keluar secepatnya. Namun tidak akan keluar secara bersamaan,” kata Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto disela-sela pelaksanaan Psikotest dan wawancara dengan DPP PDIP bagi balon PDIP di kantor DPD PDIP Jateng Kamis (28/5) kemarin.

Menurut anggota DPR RI itu, rekomendasi tidak bisa keluar secara bersamaan, karena memang ada beberapa daerah yang saat ini nama yang akan diusung PDIP sudah mengerucut bahkan juga ada yang sudah final. Akan tetapi disisi lain, masih ada beberapa daerah yang masih perlu pematangan, bahkan ada daerah yang nama calon yang akan diusung belum muncul.

“Dari beberapa instrumen untuk menentukan calon, mulai dari verifikasi administrasi, wawancara dengan DPD, hasil survai dan wawancara dengan DPP, ada beberapa daerah yang nama (calon) yang sudah final. Namun juga ada yang belum, masih perlu melihat instrument lain. Tapi daerah mana saja yang sebetulnya sudah final, tentu tidak saya sebut, karena nanti yang mengeluarkan rekomendasi adalah DPP. Kami tidak mau mendahului,” terangnya.

Test psikologi dan wawancara dengan DPP tahap pertama ini diikuti oleh balon dari 12 daerah yang hasil survainya sudah keluar.  Dari dua belas daerah itu, balon yang diundang adalah 58 orang. Mereka adalah balon berpotensi. Namun hanya 51 balon yang kemarin datang, tujuh orang lain tidak datang.

 Dari Kabupaten Kabupaten Purbalingga (untuk posisi balon bupati 3 orang dan balon wabup 4), Blora (4 / 1), Klaten (10 / 1), Rembang ( 0 / 2), Kota Pekalongan (1 / 1), Solo ( 2 / 4), Kab. Pekalongan ( 2/ 0), Demak  ( 4 /1 ), Wonogiri ( 2 /1), Kendal ( 2 / 1),  Sragen  ( 2 /2) dan Groboban ( 1/ 1).

BACA JUGA  Ganjar soal Gibran Maju Pilkada Solo 2020: Semua Orang Boleh Mencalonkan Diri

Untuk balon dari sembilan daerah lainnya, akan menjalani psikotest pada test tahap kedua yang rencananya akan dilakukan tanggal 3 dan 4 Juni. Psikotes dilakukan setelah hasil survai keluar dan hasil survai baru keluar Jumat (29/1). 

“Ketujuh balon yang tidak hadir itu, hanya dua orang yang memberikan keterangan. Namun kami tidak saklek. Kami memberikan toleransi bagi mereka yang bisa memberikan alasan yang bisa kita terima. Mereka akan diundang untuk psikotest pada tahap kedua besok,”terangnya.

 Ditambahkannya, dari 12 daerah yang hasil survainya sudah keluar itu, ada dua daerah yang ternyata belum ada nama calon yang potensial dan dominan.

Dua daerah itu adalah Klaten dan Kabupaten Pekalongan. “Dua daerah itu, kebetulan tidak ada petahana bupatinya, ternyata disana belum ada nama yang menonjol. Untuk Grobogan, meski petahana juga tidak maju namun sudah ada nama yang menonjol,” katanya.

Sementara itu, beberapa balon yang kemarin terlihat datang antara lain FX Hadi Rudyatmo (Solo),  Widya Kandi (Kendal), Sri Sumarni (Grobogan), Djoko Haryanto (Klaten) dan Danar Rahmanto (Wonogiri). (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...