Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Rekomendasi Kuliner Tradisional Banjarnegara, Wajib Dicoba

Rekomendasi Kuliner Tradisional Banjarnegara

Rekomendasi Kuliner Tradisional Banjarnegara berikut bisa jadi panduan bagi Anda yang ingin menikmati kuliner lokal yang khas di Kota Dawet Ayu ini.

Banjarnegara terletak di Jawa Tengah dan dikenal dengan pesona wisata pegunungan. Namun, kuliner khas Banjarnegara juga patut dicicipi.

Terdapat beberapa hidangan khas Banjarnegara yang hanya bisa ditemukan di daerah tersebut. Meskipun ada beberapa kuliner yang serupa dengan hidangan dari daerah lain, namun rasa dan rempah-rempahnya memiliki perbedaan yang mencolok.

Karena wilayahnya yang didominasi oleh dataran tinggi, makanan khas Banjarnegara cenderung berasal dari hasil pertanian, bukan dari hasil laut seperti daerah pantai.



Rekomendasi Kuliner Khas Banjarnegara

Berikut ini daftar hidangan khas Banjarnegara di Jawa Tengah yang diambil dari buku “Kuliner Khas Jawa Tengah” (2022) karya Prasita Puspita Sari, diterbitkan oleh Guepedia.

Buntil
Buntil Banjarnegara
Foto dok. Tribun Banyumas

Makanan khas Banjarnegara di Jawa Tengah yang cukup terkenal adalah buntil. Kuliner Banjarnegara ini sebenarnya merupakan hidangan yang terbuat dari daun pepaya, daun singkong, dan daun talas yang dibentuk bulat.

Selain di Banjarnegara, buntil juga dapat ditemukan di Banyumas. Nama buntil sendiri berasal dari cara pembuatannya, yaitu daun-daun tersebut diikat-ikat yang dalam bahasa Banyumasan disebut diuntil-until.

Soto Krandegan
Soto Krandegan Banjarnegara
Foto dok. IDN Time

Makanan istimewa Banjarnegara Jawa Tengah yang cukup terkenal adalah Soto Banjarnegara atau lebih sering disebut Soto Krandegan. Soto ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan soto dari daerah lain.

Kuliner asli Banjarnegara ini mempunyai kuah berwarna kuning yang dicampur dengan santan dan tulang sapi. Soto khas Banjarnegara ini juga diisi dengan ketupat, tauge, dan potongan daging sapi. Nama Krandegan sendiri diambil dari daerah asal warung yang pertama kali menjual soto ini.

BACA JUGA  Tempe Mendoan Banyumas, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia
Combro Kalipalet
Combro Kalipalet Banjarnegara
Foto dok. askbol.blogspot.com

Makanan istimewa dari Banjarnegara Jawa Tengah selanjutnya adalah Combro Kalipalet.

Sesuai dengan namanya, Combro Kalipalet berasal dari Kalipalet, sebuah daerah di mana penduduknya sangat pandai dalam membuat Combro. Mirip dengan Combro dari daerah lain, Combro Kalipalet juga terbuat dari singkong yang diparut kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan garam.

Isian Combro Kalipalet biasanya terdiri dari oncom. Makanan khas Banjarnegara ini cocok untuk dinikmati sebagai camilan sambil menikmati kopi atau teh.

Itulah tiga Rekomendasi kuliner tradisional Banjarnegara Jawa Tengah yang dapat Anda cicipi saat mengunjungi daerah tersebut.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...