Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Rekrut 39 Ribu Petugas, BPS Jateng Siap Sensus Ekonomi

SEMARANG, Jowonews.com – Sensus Ekonomi (SE) yang merupakan program nasional masih akan dilakukan pada Mei mendatang selama sebulan penuh. Namun saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah sudah menyatakan kesiapannya melaksanakan Sensus Ekonomi pada tanggal 1-31 Mei 2016.

“Sensus ekonomi ini merupakan hajat besar BPS, dilakukan 10 tahun sekali, tujuannya adalah untuk mendapatkan data sebagai dasar Pemerintah melakukan evaluasi atau mengeluarkan keputusan terkait kebijakan ekonomi,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng Margo Yuwono di Semarang.

Menurutnya, pelaksanaan sensus ekonomi ini mencakup seluruh sektor ekonomi kecuali sektor pertanian. “Untuk persiapannya sendiri sudah kami lakukan dua tahun terakhir ini dan puncaknya pendataan 1-31 Mei 2016,” ujarnya.

Margo mengatakan, tahap saat ini yang sudah dilakukan adalah melakukan rekrutmen petugas yang jumlahnya sekitar 39 ribu. Proses perekrutan sendiri sudah dilakukan sejak Januari-Februari. “Selanjutnya para petugas survei ini mengikuti pelatihan, tujuan pelatihan adalah agar petugas memahami konsep dan definisi sensus ekonomi,” katanya.

Dikatakan, pelatihan, pembinaan, dan pemberian pemahaman perlu dilakukan agar seluruh petugas berangkat dari konsep dan definisi yang sama ketika bertugas memperoleh data. “Dengan begitu, data yang diperoleh para petugas akan dapat dibandingkan,” tandasnya.

Untuk pelatihan sendiri melibatkan 1.050 instruktur pengajar. Selanjutnya, untuk memastikan kesiapan tersebut pada tanggal 18 Maret mendatang BPS akan menggelar apel siaga. “Apel siaga ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Untuk apel di Kota Semarang akan dipusatkan di Lapangan Simpang Lima, diikuti oleh 3.600 petugas yang nantinya bertugas di Kota Semarang dan beberapa kabupaten sekitar. Sedangkan petugas lainnya mengikuti apel siaga di masing-masing kabupaten/kota,” tambahnya. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...