Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Renovasi Jembatan Krikil Digelontor Rp7 M

Kendaraan tengah menaiki tanjakan Jembatan Walitelon yang kerap memakan korban kecelakaan.
Kendaraan tengah menaiki tanjakan Jembatan Walitelon yang kerap memakan korban kecelakaan.
Kendaraan tengah menaiki tanjakan Jembatan Walitelon yang kerap memakan korban kecelakaan.

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Pemkab Temanggung menyediakan anggaran Rp10 miliar guna perbaikan jembatan. Rp7 miliar dari besaran itu akan digunakan untuk merenovasi Jembatan Krikil pada tahun 2015. Sisanya, akan digunakan untuk merenovasi Jembatan Sroyo, di jalur lingkar Selatan.

Bupati Temanggung, Bambang Soekarno menyatakan, wacana ini muncul karena Jembatan Krikil di Kelurahan Walitelon, Kecamatan/Kabupaten Temanggung dinilai sangat membahayakan. Terutama, bagi kendaraan besar bermuatan. Buktinya, tak sedikit kecelakaan melibatkan truk maupun tronton di lokasi ini. Jembatan ini juga memiliki tanjakan dan kelokan cukup tajam.

“Nantinya kondisi jembatan tersebut akan kami buat sejajar dengan jalan, baik dari arah Timur maupun Barat. Renovasi yang dilakukan hampir mirip seperti proyek Jembatan Sigandul, Tlahab, Kledung yang saat ini masih dalam proses pengerjaan,”ungkapnya, Rabu (7/1).

Selain itu, lanjutnya, kondisi jalan alternatif tersebut agak sempit. 

Jembatan ini merupakan penghubung jalur alterntif antara Terminal Induk-Walitelon-Maron Sidorejo. Jalan tersebut sejatinya akan dimanfaatkan sebagai langkah memecahkan kemacetan di perkotaan, terutama pada waktu-waktu tertentu dengan kepadatan volume kendaraan.

Ia berharap dengan adanya proyek perbaikan ini, juga dapat menekan angka kecelakaan yang hingga saat ini masih cukup tinggi dan tak jarang menelan korban jiwa maupun material.

Bambang mengharapkan, dengan perbaikan tersebut, semua kendaraan berat nantinya bisa memanfaatkan jalur alternatif yang sejauh ini memang menjadi lintasa bagi bus maupun kendaraan berat. “Ini upaya kami dalam menyediakan instruktur jalan dan jembatan yang layak,” terangnya.

Selain infrastruktur jalan melintasi Jembatan Krikil ini, ia juga mengaku akan melakukan renovasi yang sama pada Jembatan Sroyo yang juga sama-sama memiliki kontur berkelok serta menanjak. (JN01)

BACA JUGA  Dewan Dorong Eksekusi Anggaran Kesejahteraan Guru PAUD

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...