Jowonews

Logo Jowonews Brown

Resta Pendopo 456 Salatiga, Rest Area Terbaik Indonesia yang Memanjakan Mata

Resta Pendopo 456 Salatiga

Jowonews.com – Tol Salatiga mungkin bisa disebut sebagai salah satu jalan tol terindah di Indonesia. Selain udaranya yang sejuk, kontur tanah berbukit juga memanjakan mata disepanjang perjalanan. Namun tak hanya itu. Di jalan tol Semarang – Solo ini juga terdapat Resta Pendopo 456 Salatiga yang pernah viral di media sosial.

Rest Area 456 Salatiga juga dikenal dengan Resta Pendopo 465. Konsep bangunan rest area dirancang dengan perpaduan campuran antara tradisional dengan modern. Rest area ini merupakan hasil sinergi antara ASTRA Internasional dengan PT Trans Marga Jawa Tengah.

Selain bangunannya yang megah, Rest Area 456 Salatiga juga memiliki pemandangan yang indah. Karena saking cantiknya pemandangan di rest area ini, disebut-sebut sebagai yang paling indah di Indonesia. Maka tak heran jika Resta Pendopo 456 Salatiga dinobatkan sebagai Rest Area Terbaik di Indonesia oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Lalu, sebenarnya apa saja keunggulan Resta Pendopo 456 Salatiga dibandingkan tempat peristirahatan lain di sepanjang Tol Trans Jawa?

Dikonsep Sebagai Destinasi Wisata

Resta Pendopo 456 Salatiga
Resta Pendopo 456 Salatiga. Foto: IG @dhahnial

Sejak awal pembangunan hingga difungsingkan sebagai rest area pada Agustus 2020 lalu, Resta Pendopo 456 Salatiga memang dikonsep dan dijadikan destinasi wisata yang unik dan menarik. Jadi tidak hanya difungsikan sebagai tempat istirahat bagi para pengguna tol saja, melainkan juga mempertimbangkan arsitektur bangunan dan panorama sekitar yang indah untuk tujuan wisata.

Salah satu pemandangan yang dapat dilihat dari Rest Area 456 Salatiga
Salah satu pemandangan yang dapat dilihat dari Rest Area 456 Salatiga

Fasilitas lain sebagai penunjang juga tersedia sangat lengkap di rest area ini, seperti tempat parkir yang luas, musholla, toilet bersih dan nyaman, area kuliner modern dan tradisional yang beragam, hingga tempat belanja selayaknya di mal.

Surga Kuliner Terlezat di Jawa Tengah

Sentra Kuliner Tradisional
Sentra Kuliner Tradisional di Rest Area 456 Salatiga

Di dalam rest area ini juga terdapat beragam kuliner unggulan khas Jawa Tengah. Kuliner-kuliner tradisional tersebut dijajakan di gerai-gerai UMKM yang tertata rapi dan bersih. Kuliner tersebut mulai dari nasi Timlo Solo, Lumpi Semarang, Bakmi Jowo, Mie Godog, Aneka Soto, Gudeg Koyor, Nasi Kare, Singkong Keju Salatiga, dan aneka menu tradisional lainnya.

Tenant yang menjajakan kuliner di Rest Area 456 Salatiga juga bukanlah tenant sembarangan. Sebelumnya, mereka telah melewati proses kurasi sehingga kualitas dan rasanya terjamin.

Tidak hanya makanan lokal, beberapa gerai waralaba yang biasa menghiasi mal juga tersedia di lokasi ini. Sebut saja seperti Starbuck, Roti ‘O, Solaria, Kopi Kenangan, dan waralaba modern lainnya.

Terdapat Sky Bridge dengan Pemandangan Mempesona

Sky Bridge
Sky Bridge Resta Pendopo Astra

Resta Pendopo 456 Salatiga dibangun di kedua sisi Tol Semarang-Solo di atas lahan seluas 3,3 hektar. Bangunan rest area yang saling berseberangan ini dihubungkan dengan jembatan penghubung atau biasa disebut dengan “sky bridge”.

Keberadaan jembatan penghubung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung karena terdapat sky deck untuk melihat pemandangan sekitar. Jika pemandangan cerah, selain hamparan sawah dari sky deck ini juga bisa berfoto dengan latar Gunung Merbabu yang terlihat gagah berwarna biru.

Selain itu, jembatan penghubung di Resta Pendopo 456 Salatiga adalah satu-satunya jembatan yang menghubungkan dua rest area yang ada di Indonesia.

Lima Joglo Sebagai Lambang Lima Gunung di Jawa Tengah

Bangunan berbentuk Joglo di Rest Area 456 Salatiga
Bangunan berbentuk Joglo di Rest Area 456 Salatiga

Di dalam area Resta Pendopo Salatiga terdapat lima bangunan berbentuk joglo dengan atap limas sebagai perlambangan lima buah gunung di Jawa Tengah. Lima gunung tersebut adalah Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Sindoro dan Sumbing.

Tempat Belanja Kerajinan, Fashion dan Oleh-oleh Khas Jawa Tengah

Selain menawarkan fasilitas kuliner yang lengkap, Rest Area 456 Salatiga ini juga terdapat sentra untuk belanja oleh-oleh khas Jawa Tengah, misalnya Pukis Badran, Gethuk Bakar Abimanyu, Lumpia Mas Ton, Pepes Bandeng Pringsewu, hingga Sinkong Keju D-9 yang menjadi oleh-oleh khas Salatiga.

Lokasi Resta Pendopo 456 Salatiga

Rest Area 456 Salatiga berlokasi di Jl. Tol Bawen – Salatiga, Baok, Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50771

Untuk lebih mudahnya dapat memanfaatkan maps di bawah ini sebagai navigasi.

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...