Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Revitalisasi Pasar Johar Butuh Rp 700 M

SEMARANG, Jowonews.com — Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Semarang Agus Riyanto mengatakan setidaknya butuh Rp700 miliar untuk revitalisasi Pasar Johar mencakup seluruh kawasan.

“Di situ kan ada bangunan ‘heritage’, ada yang ‘non-heritage’, plus mengembalikan alun-alun. Tahun ini, kami baru anggarkan Rp50 miliar untuk penguatan bangunan cagar budayanya,” katanya di Semarang, Selasa (25/4)

Kalau untuk penguatan bangunan cagar budaya Pasar Johar secara menyeluruh, kata dia, membutuhkan sekitar Rp400 miliar, dan dari Pemkot Semarang mengalokasikan Rp50 miliar.

“Sisanya (dari Rp700 miliar, red.), untuk yang ‘non-heritage’, seperti pembangunan tempat parkir, penambahan bangunan, pengembalian alun-alun, dan sebagainya,” katanya.

Dengan perhitungan total biaya yang diperlukan Rp700 miliar, Agus mengatakan jika hanya ditanggung APBD Kota Semarang tentunya bisa memerlukan lima kali APBD atau lima tahun. “Namun, jika dibantu oleh pusat dan provinsi tentunya bisa ditekan cukup 3-4 tahun untuk merampungkan Pasar Johar,” katanya (jwn5/ant)

BACA JUGA  Pemkot Diminta Buat MoU, Jangka Waktu Relokasi Johar Harus Jelas

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...