Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ribuan Pencari Kerja Berburu Lowongan Di Job Fair UMP 2019

PURWOKERTO, Jowonews.com – Ribuan pencari kerja berburu lowongan pekerjaan yang disediakan dalam kegiatan “Job Fair UMP 2019” di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, 16-17 Maret.

“Pencari kerja yang datang diperkirakan mencapai ribuan karena hingga pagi ini saja, jumlah pencari kerja yang mendaftar secara ‘online’ sudah lebih dari 1.400 orang, belum termasuk yang mendaftar secara ‘offline’,” kata Wakil Rektor UMP Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Aman Suyadi, M.P. di Purwokerto, Sabtu.

Ia mengatakan “Job Fair UMP 2019” yang diselenggarakan oleh “Career Development Center (CDC)” Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMP itu menghadirkan 24 perusahaan dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Menurut dia, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang seperti perbankan, jasa keuangan, automotif, rumah sakit, dan sebagainya itu menawarkan berbagai lowongan pekerjaan.

Bahkan, kata dia, ada salah satu perusahaan yang siap merekrut hingga 100 orang dengan menyesuaikan bidang-bidang pekerjaan yang dibutuhkan.

“Kegiatan ini ditujukan untuk mempertemukan pencari kerja khususnya alumni UMP dengan perusahaan-perusahaan yang akan memberi kerja. Kita jembatani, kita beri tempat yang sama untuk berkumpul dan bernegosiasi, mudah-mudahan ada kecocokan jenis pekerjaan maupun kompetensi yang dimiliki alumni kita,” katanya.

Ia mengharapkan kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut dapat menyerap alumni UMP sebanyak-banyaknya.

Sementara itu, salah seorang alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP, Febri Fitriyani mengaku baru satu bulan diwisuda dan telah mencoba melamar pekerjaan namun belum ada panggilan.

“Kegiatan seperti ini cukup baik karena kita bisa mendapatkan informasi secara langsung dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lowongan pekerjaan. Saya akan mencoba melamar pekerjaan di dua sampai tiga perusahaan,” kata dia yang berasal dari Ajibarang, Kabupaten Banyumas.

Kendati merupakan lulusan FKIP, dia mengaku tertarik untuk mencari pekerjaan di bidang yang berkaitan dengan finansial.

Pencari kerja asal Cilacap, Desi Purwasih mengatakan sebagai lulusan baru, dia sangat bersemangat untuk mencari pekerjaan sehingga menyambut baik kegiatan “Job Fair UMP 2019” meskipun bukan alumni perguruan tinggi tersebut.

“Saya sudah menyiapkan enam lamaran, beberapa di antaranya untuk melamar bekerja di rumah sakit dan perusahaan farmasi karena kebetulan saya alumni Fikes (Fakultas Ilmu Kesehatan), tapi dari UAD (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,” katanya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Jalur Ambles, KA Lintas Purwokerto Dialihkan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...