Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sebanyak 22 Desa di Boyolali Meraih Predikat Desa Mandiri dari Kemendes PDTT

Desa Mandiri

BOYOLALI – Sebanyak 22 desa di Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah menerima predikat penghargaan Desa Mandiri 2022 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pemerintah Kabupaten Boyolali (Pemkab) mengucapkan terima kasih kepada Petugas Pemberdayaan Desa di 22 Desa Mandiri yang disampaikan langsung oleh Bupati Boyolali, Said Hidayat, di kantor Bupati Boyolali, Rabu.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Boyolali, Yulius Bagus Triyanto, sebanyak 22 desa di Kabupaten Boyolali telah ditingkatkan statusnya menjadi desa mandiri.

“Ke-22 desa binaan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Desa mandiri adalah kategori teratas,” kata Yulius Bagus Triyanto, dikutip dari Antara Jateng, Rabu (29/12/2022).



Dikatakannya, Desa Mandiri merupakan predikat yang diberikan Kementerian Desa. Predikat ini diambil dari Indeks Desa Membangun (IDM) yang merupakan  indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi atau Lingkungan.

Ke-22 desa tersebut meliputi Desa Karanggeneng, Kiringan, Mudal dan Kebonbimo di Kecamatan Boyolali. Desa Bantengan, Sendang, Tegalsari dan Kebonan di Kecamatan Karanggde. Desa Baden, Jaten, Klego, Tanjung, Sangge, Karangmojo, Banyuurip dan Sumberagung termasuk dalam wilayah Kecamatan Klego.

Selain itu, dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik yaitu BUMDes Kemasan di Kabupaten Sawit, BUMDes Cepogo (Cepogo) dan BUMDes Mudal (Boyolali kota). Ada juga penghargaan kinerja terbaik yang diberikan kepada desa Karanggeneng di kabupaten Boyolali kota.

Penghargaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Penanganan Kemiskinan Terbaik terdapat di Kecamatan Karanggede, Selo dan Ampel.

Penghargaan kecamatan pembina terbaik diberikan kepada Kecamatan Boyolali kota, Karanggede dan Klego. Selain menjadi pembina terbaik, Kecamatan Klego juga dinobatkan sebagai kecamatan pembina terbaik I sekaligus merupakan kecamatan kinerja penyerapan dana desa terbaik lingkup wilayah kerja KPPN Klaten.

BACA JUGA  Polisi Tunggu Hasil Lab Siswa Keracunan Jajanan di Boyolali

Bupati Boyolali M Said Hidayat mengucapkan selamat kepada desa yang mendapatkan penghargaan tersebut. Bupati berharap penghargaan yang diraih dapat memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja ke depan.

“Selamat kepada desa-desa yang mendapatkan penghargaan. Kami berharap apa yang dikelola dengan baik dapat memberikan dampak positif dalam upaya bersama membangun Kabupaten Boyolali,” ujar Bupati.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...