Jowonews

Logo Jowonews Brown

Adat

Sejumlah Pakaian Adat Indonesia Telah Mendunia, Salah Satunya Adalah Kebaya

Kebaya

Ini adalah deretan pakaian tradisional Indonesia yang terkenal di dunia dan populer di luar negeri. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, baik dari segi bahasa daerah, suku bangsa hingga cara berpakaian.

Pakaian adat setiap daerah di Indonesia mencerminkan nilai-nilai budaya daerah tersebut.

Setiap daerah di Indonesia juga memiliki ciri khas pakaian adat yang melambangkan keunikan atau kekhasan daerah asalnya.

Namun tidak hanya dipakai di Indonesia, ada pakaian tradisional yang juga populer di luar negeri dan bahkan telah menjadi komoditas ekspor.



Kebaya

Kebaya adalah salah satu pakaian tradisional Indonesia yang paling populer. Busana tradisional Jawa ini terbuat dari sutra, nilon, katun, dan poliester.

Kebaya jenis ini sering digunakan sebagai atasan dan dipadukan dengan kain jarik sebagai aksesoris.

Ulos

Ulos adalah pakaian adat dari Sumatera Utara. Pakaian adat khas Batak ini terbuat dari kain ulos sutra dan ditenun.

Kain ulos biasanya berwarna merah, gelap dan putih serta dihiasi dengan berbagai tenunan benang bermotif emas atau perak.

Payas Agung

Payas agung adalah pakaian adat dari Pulau Dewata, Bali. Pakaian adat Payas agung sering digunakan dalam kegiatan yang bermakna seperti pernikahan, ngaben, mesagih (tumbuh gigi ptong) dan upacara adat lainnya.

Pakaian adat Payas agung memiliki kombinasi warna kuning, merah dan putih yang dapat dikenakan oleh pria maupun wanita.

Tidak hanya itu, payas agung juga melambangkan mahkota besar yang menjulang tinggi terbuat dari bunga dengan topi emas, sandal emas, sol emas dan tangkai emas.



Pakaian Adat Gorontalo

Masyarakat Gorontalo memakai beberapa pakaian adat, yaitu walimono, payung, mukuta dan bilu. Walimono dan mukuta biasanya dikenakan oleh pengantin pria, sedangkan pakaian adat biliu dan payung dikenakan oleh pengantin wanita.

BACA JUGA  Jenis Motif Batik Solo dan Sejarahnya

Pakaian adat Gorontalo ini pernah diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kepada Presiden World Tourism Forum Institute atau WTFI Mr. Bulut Bagci pada kegiatan GTF 2021 di Jakarta.

Busana Adat Sumatera Selatan

Busana Adat Sumatera Selatan pernah dipamerkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan pada Pameran Internasional Tourism-Borse Berlin (ITB) yang diselenggarakan di Masse, Jerman tahun 2017

Pakaian Adat Sumatera Selatan adalah biasanya berwarna merah memberikan kesan elegan dan canggih. Umumnya pakaian adat Sumatera Selatan ini digunakan dalam kegiatan adat pernikahan.

Nah, itulah beberapa pakaian tradisional Indonesia yang tersebar di seluruh dunia, yang membuat kita bangga.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...