Jowonews

Logo Jowonews Brown

Sekda Boyolali Harapkan Kades Berinovasi Daur Ulang Sampah

BOYOLALI, Jowonews.com – Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Boyolali diharapkan dapat berinovasi mengelola sampah limbah rumah tangga dengan cara didaur ulang, yang bisa menjadikan nilai berharga di daerahnya masing-masing, kata Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri.

“Saya berharap Kades diseluruh Kabupaten Boyolali untuk bisa membuat inovasi-inovasi yang sebenarnya sampah itu, bisa daur ulang dan menjadi nilai yang berharga,” kata Masruri disela acara sosialisasi “Pengelolaan Sampah Tingkat Desa 2019”, yang digelar, di Boyolali, Kamis.

Pada acara sosialisasi Pengelolaan Sampah Tingkat Desa tersebut diikuti sebanyak 295 Kades yang tersebar di 22 Kecamatan di Boyolali.

Menurut Masruri kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah tersebut dengan tujuan menyadarkan masyarakat akan bahaya membuang sampah sembarangan dengan cara mengelola sampah.

“Limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai akan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat yang lain. Misalnya, sampah bisa menimbulkan pencemaran air sungai. Bahkan, akibat membuang sampah sembarangan di sungai dapat menyebabkan bencana banjir.

Ia menyebutkan, sampah sebenarnya bernilai dan sudah ada yang menerapkannya dengan cara memilih dan kemudian mendaur ulang, sehingga menjadi nilai berharga bagi masyarakat sendiri.

Oleh karena itu, setiap Kades di Boyolali agar terus melakukan ide-ide kreatif untuk mengatasi atau mengelola sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga di lingkungannya.

“Sampah dapat didaur ulang dan menjadi nilai yang berharga, misalnya dapat dibuat pupuk pertanian, atau kerajinan yang memiliki nilai jual lainnya,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan menjaga lingkungan dari sampah diyakini masyarakat akan terbebas permasalahan yang tidak diinginkan seperti penyakit yang berbahaya, sekaligus menjadikan Kabupaten Boyolali semakin indah dan bersih. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Kembalikan Jabatan Kades 8 Tahun

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...