Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Seluruh SPBU Diminta Sediakan Pertalite

SEMARANG, Jowonews.com – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah-DIY mengimbau seluruh SPBU menyediakan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite.

“Terutama di jalur-jalur utama wilayah MOR IV harapannya menyediakan pertalite,” kata General Manager PT Pertamina (Persero) MOR IV Jawa Tengah-DIY Kusnendar usai pengundian program promo ‘Pertalite Rezeki Lebih Dekat Melaju Lebih Jauh’ di Semarang, Jumat.

Terkait hal itu, langkah yang dilakukan oleh Pertamina adalah meminta SPBU khususnya yang belum menyediakan pertalite agar segera memodifikasi sarana dan fasilitas yang ada di SPBU tersebut.

“Misalnya kalau dulu tangki timbun untuk premium ada dua, tolong yang satu diganti dengan pertalite. Kemudian jalur pipanya ditambah,” katanya.

Mengenai penambahan pertalite, hingga saat ini sifatnya bukan kewajiban melainkan imbauan kepada para pemilik SPBU.

“Kami imbau dengan sangat karena bagaimanapun ini milik mereka jadi kami tetap harus menghormati, tetapi di dalam perjanjian ada komitmen-komitmen salah satunya jika kita menginginkan juga mereka harus patuh, kurang lebih seperti itu,” katanya.

Untuk meningkatkan ketertarikan pemilik SPBU agar menambah penyediaan pertalite, saat ini pihaknya tengah mengkaji kemungkinan adanya penambahan margin.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan seberapa besar penambahan tersebut mengingat hal itu adalah otoritas Pertamina pusat.

Sementara itu, berdasarkan data dari Pertamina, dari lebih dari 720 SPBU yang ada di MOR IV, 360 di antaranya sudah menyediakan BBM dengan RON 90 tersebut.

Dari sisi konsumsi, saat ini rata-rata konsumsi pertalite untuk wilayah Jawa Tengah-DIY sebanyak 1,8 KL/hari/SPBU.

“Selama ada program undian berhadiah ini ada kenaikan konsumsi sekitar 15 persen dari rata-rata konsumsi normal, jadi kami berencana untuk kembali melakukan program serupa,” katanya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Pertamina Gelar Operasi Pasar Gas 3 Kg

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...