Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Semarang Jadikan Sesaji Rewanda Agenda Wisata

SEMARANG, Jowonews.com — Tradisi Sesaji Rewanda yang telah berlangsung setiap tahun menjadi andalan Pemerintah Kota Semarang untuk menggaet wisatawan Objek Wisata Gua Kreo di Kecamatan Gunungpati.

“Sejak 2010, Pemerintah Kota Semarang telah melakukan penataan di kompleks wisata ini,” kata Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Trihananto di sela prosesi Sesaji Rewanda di Semarang, Rabu (5/7).

Sesaji Rewanda, kata dia, merupakan tradisi yang sudah melekat dengan masyarakat yang tinggal di kawasan Goa Kreo sehingga akan terus dilestarikan sebagai upaya “nguri-uri” budaya.

Apalagi, menurut dia, pergelaran tradisi Sesaji Rewanda mampu menarik wisatawan untuk menyaksikan di objek wisata yang banyak dihuni kera-kera ekor panjang yang jinak tersebut.

Tradisi itu tidak lepas dari legenda perjalanan Sunan Kalijaga, salah satu Walisongo yang mencari kayu jati sampai di daerah itu untuk membangun Masjid Agung Demak, dan dibantu para kera.

Diawali dengan arak-arakan empat gunungan yang berisi hasil bumi, buah-buahan, nasi tumpeng, dan “sego kethek” atau dalam bahasa Indonesia berarti nasi kera menuju Gua Kreo.

Para wisatawan memadati sepanjang rute kirab gunungan yang biasanya digelar pada bulan Syawal setelah Lebaran sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang diberikan.

Peserta kirab gunungan juga mengenakan kostum kera berwarna kuning, putih, hitam, dan merah yang melambangkan sifat-sifat manusia, diiringi dengan berbagai atraksi kesenian lokal.

Gunungan yang berisi buah-buahan diperuntukkan untuk kera-kera yang menghuni kawasan itu, sementara “sego kethek” dan hasil bumi diperebutkan oleh pengunjung yang memadati kawasan itu. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...