Jowonews

Logo Jowonews Brown

Sepak Bola – Delegasi FIFA-AFC Jalin Komunikasi Dengan APPI

JAKARTA, Jowonews.com – Delegasi bersama FIFA-AFC bertemu dengan perwakilan dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) untuk mendengarkan pendapat mengenai kisruh sepak bola nasional dari sudut pandang para pemain.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa, APPI menyampaikan apa yang tengah dihadapi oleh para pemain berhubungan dengan situasi persepakbolaan Tanah Air saat ini.

APPI menceritakan mengenai ketiadaan kompetisi sepak bola nasional, standar minimum kontrak, dan asuransi bagi para pemain.

Pesepakbola Ponaryo Astaman sebagai salah satu perwakilan APPI mengatakan belum bisa menyebutkan kapan pencabutan sanksi FIFA kepada sepak bola Indonesia akan segera dilakukan.

Namun, kata dia, FIFA mengapresiasi pertemuan dengan APPI karena mereka bisa mendengar langsung dari para pemain sebagai bahan masukan penyelesaian sepak bola Tanah Air.

Selain itu, Ponaryo juga mengatakan bahwa keberadaan turnamen bukan jalan keluar yang nyata bagi para pemain karena banyak masalah dan para pemain lebih menginginkan kompetisi yang berkesinambungan.

Terkait dengan penyelenggaraan turnamen yang gencar dilakukan beberapa waktu belakangan ini, Pesepakbola Kurniawan Dwi Yulianto sebagai salah satu perwakilan APPI mengatakan pihaknya akan mengirimkan permohonan kepada Mahaka, selaku operator turnamen Piala Presiden yang lalu, untuk meminta standar minimum kontrak dan asuransi.

“Karena laporan dari para pemain yang mengikuti Piala Presiden ternyata mereka hanya dibayar per pertandingan, per bulan, penanganan cedera ala kadarnya, dan tidak diadakan surat keluar untuk pemain yang habis kontrak,” kata dia.

Delegasi FIFA-AFC juga menjalin dialog dengan Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Posisi SIWO dalam kasus ini mendukung perbaikan sepak bola Indonesia dengan tetap mengacu kepada peraturan yang ada.

BACA JUGA  Pemprov Tak Punya Nyali Tindak Penambang Liar

Delegasi FIFA-AFC hadir di Indonesia sejak Minggu (1/11) dengan mandat yang kuat untuk menyelesaikan kisruh sepak bola Tanah Air. Delegasi bersama yang hadir adalah anggota Komite Eksekutif FIFA, yaitu Kohzo Tashima dari Jepang dan Pangeran Abdullah dari Malaysia, serta Komite Eksekutif AFC Mariano V Araneta Jr dari Filipina.

Para Direktur AFC, yakni James Johnson, Sanjeevan Balasingam, dan John Windsor juga akan mendampingi delegasi bersama tersebut.   (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...