Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sepakan Sekali PNS dan Pelajar Solo Gunakan Sepeda

SOLO, Jowonews.com – Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo akan menerapkan penggunaan sepeda satu pekan sekali bagi para pegawai negeri sipil (PNS) dan pelajar yang ada di lingkungan pemerintahan kota setempat.

“Rencananya penerapan kebijakan ini akan diperuntukkan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Surakarta dan pelajar,” kata FX Hadi Rudyatmo di Solo, Senin (25/4).

Ia mengatakan bahwa wacana ini sebenarnya sudah lama terpikirkan, hanya saja saat ini tinggal menunggu penerapa kebijakan, sebab selama ini setiap Jumat dan malam akhir bulan sudah rutin diadakan kegiatan bersepeda. “Hanya saja untuk menetapkan kebijakan ini kita harus menyiapkan perwali (peraturan wali kota) dulu. Selain itu kita juga harus bisa melengkapi infrastrukturnya,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, pemkot akan melakukan kajian mendukung wacana ini. Nantinya Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan melakukan kajian mendalam, sehingga akan dilihat sejauh mana keefektivannya wacana ini.

Selain itu pemkot akan melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat dan pemerintah provinsi, mengingat di Kota Solo ini status kategori jalannya milik pemkot, pemprov dan pemerintah pusat. “Kalau memang memungkinkan kenapa tidak dilakukan. Hanya saja kita harus mempersiapkannya dengan matang terlebih dahulu. Tentunya terkait keberadaan jalur lambatnya,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Surakarta Yosca Herman mengatakan pihaknya akan mendata kembali jumlah jalur lambat yang ada di Solo ini. Apakah nantinya memungkinkan untuk murid sekolah dan SKPD Kota Solo bersepeda tiap hari Jumat. “Kita lakukan pendataan dulu dengan matang, sebab tidak semua jalan yang ada di Kota Solo milik pemkot saja, sebab ada pula yang milik pemprov dan pemerintah pusat,” katanya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...