Jowonews

Logo Jowonews Brown

Siswa Rasakan Manfaat Bosda Kota Magelang

MAGELANG, Jowonews.com – Para siswa di Kota Magelang merasakan manfaat adanya bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) dari Pemerintah Kota Magelang, kata Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang, Nur Wiyono.

“Anak-anak merasakan betul manfaat Bosda. Seperti beberapa waktu lalu, kami mengadakan kemah di daerah Turi, Sleman, tanpa membebankan biaya ke orang tua siswa sama sekali. Juga untuk sejumlah kegiatan lainnya,” katanya di Magelang, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut saat menerima kunjungan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito di sekolah tersebut.

Menurut Nur, selain Bosda bantuan berupa perlengkapan sekolah yang diberikan Pemkot Magelang juga cukup meringankan beban orang tua siswa. Bahkan, guru tidak tetap atau honorer di Kota Magelang sudah menerima gaji bulanan senilai UMR Kota Magelang.

Tahun ini di sekolahnya juga mendapatkan dua guru CPNS, yakni untuk mengampu mata pelajaran pendidikan agama Islam dan PPKN.

“Seragam, alat tulis, dan peralatan sekolah gratis dari Pemkot Magelang sangat meringankan anak-anak. guru tidak tetap (GTT) juga gajinya sudah UMR, kami tentu berterima kasih karena menjadi motivasi kami para guru dan anak-anak untuk terus berprestasi,” katanya.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyampaikan Bosda maupun bantuan lainnya merupakan bagian dari program pendidikan gratis yang sudah dicanangkan sejak kepemimpinannya periode lalu. Meskipun tidak mudah, tujuan utama program ini adalah meningkatkan mutu pendidikan di Kota Magelang.

“Bosda, seragam, sepatu, itu bagian dari embrio program pendidikan gratis yang kami canangkan sejak 3 tahun lalu. Ketika memutuskan pendidikan gratis ini tidak mudah, ini sesuai amanat undang-undang,” tambahnya.

Ia meminta para guru untuk terus meningkatkan kualitas diri, disiplin, dan mengabdi pada pendidikan guna mencerdaskan anak-anak bangsa, termasuk mendukung Kota Magelang sebagai kota jasa.

“Berkah bagi kita, sekarang guru dicukupkan, gaji naik, sertifikasi. Maka saya ajak guru untuk berpikir enterpreunur, ikut memajukan Kota Magelang, semua harus bergerak dari lini terkecil,” lanjutnya.

Pada kunjungan tersebut Sigit memberikan apresiasi kepada beberapa siswa SMPN 1 Kota Magelang yang berprestasi. Mereka adalah Gravita Ciquita Dewi juara 2 renang antarsekolah dan perguruan tinggi se-Indonesia 2019, Cornelius Alvin Bintang juara 3 renang antarsekolah dan perguruan tinggi se-Indonesia 2019, Antika Ula Shafi juara 3 taekwondo putri Popda Provinsi Jateng 2019, dan para juara OSN tingkat Kota Magelang 2019 asal sekolah ini. (jwn5/ant)

BACA JUGA  KSAD: Aparat Komando Kewilayahan Harus Tingkatkan Kemampuan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...