Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

SMP Negeri di Semarang Belum Siap UNBK

SEMARANG, Jowonews.com – Tahun ini baru ada enam sekolah menengah pertama (SMP) swasta di Kota Semarang yang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

“Belum ada SMP negeri yang siap melaksanakan. Hanya enam SMP swasta itu yang siap UNBK,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang Sutarto di Semarang.

Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang itu menyebutkan enam SMP swasta itu, yakni SMP Semesta, SMP Nasima, SMP Stamford, SMP Singapore, SMP Bina Bangsa, dan SMP Maria Regina Semarang.

Pelaksanaan UNBK di enam SMP swasta itu, lanjutnya, diikuti sebanyak 197 siswa dari total peserta UN SMP di Kota Semarang yang tahun ini berjumlah 24.606 siswa dari 175 SMP negeri dan swasta.

Ia mengakui belum siapnya SMP, terutama negeri untuk melaksanakan UNBK tahun ini pada aspek sarana dan prasarana, seperti ketersediaan perangkat komputer yang dipersyaratkan secara ketat.

“Belum siapnya (sekolah, red.) kebanyakan dari sarana prasarana. Namun, kami terus menyiapkan seluruh aspek, terutama di sekolah negeri agar pada tahun depan bisa mengikuti UNBK,” katanya.

Sutarto menjelaskan sistem pelaksanaan UNBK atau disebut juga UN CBT (computer based test) untuk jenjang SMP hampir sama dengan UNBK jenjang SMA dan sederajat yang sudah dilaksanakan bulan lalu.

Soal untuk UNBK, kata dia, langsung diunduh dari pusat, sementara untuk sekolah yang melaksanakan UN PBT (paper based test) soalnya dicetak dan didistribusikan oleh PT Pura Barutama Kudus.

“Secara umum, sistem UN CBT maupun UN PBT SMP sama dengan SMA. Kami berharap pelaksanaan UN SMP pada 9-12 Mei mendatang berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaannya,” katanya.

Meski untuk jenjang SMP hanya diikuti enam sekolah, kesiapan sekolah di Semarang untuk melaksanakan UNBK relatif meningkat, mengingat pada tahun lalu belum ada satu pun SMP melaksanakan UNBK. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...