Jowonews

Logo Jowonews Brown

SNMPTN Jangan Ada Diskriminasi

SNMPTN jangan diskriminasi. (Foto : JN13)
SNMPTN jangan diskriminasi. (Foto : JN13)
SNMPTN jangan diskriminasi. (Foto : JN13)

Jakarta, Jowonews.com— Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dimulai. 15 Januari 2014-SNMPTN 2015 resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir pada hari Kamis (15/1) di Auditorium Lantai 2 Gedung D, Ditjen Dikti, Senayan. 

Menristek-dikti, Prof Nasir menghimbau agar pelaksanaan SNMPTN 2015 tidak ada diskriminasi terhadap peserta. Baik itu peserta daerah luar jawa-jawa, daerah terluar-terdepan, bahkan penyandang disabitilas. Mengingat tahun kemarin tercantum dalam situs resmi SNMPTN persyaratan yang tidak membolehkan penyandang disabilitas mengikuti seleksi. Pada persyaratan yang ditentukan disebutkan bahwa yang memiliki keterbatasan fisik tidak dapat ikut mendaftar yaitu golongan tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, tidak buta warna keseluruhan dan sebagian. 
“Semua mendapat hak yang sama. Sehingga pendidikan lebih terjamin dan merata” kata Menristek-dikti. (15/1)
Nasir menambahkan sesuai dengan landasan konseptual SNMPTN. SNMPTN Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa lulusan sekolah menengah yang mempunyai prestasi akademik terbaik di seluruh Indonesia untuk dapat mengikuti pendidikan tinggi program sarjana di seluruh PTN di Indonesia  tanpa deskriminasi.
SNMPTN 2015 menampung mahasiswa baru untuk setiap program studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun ini sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN. “Untuk 13 PTN baru, belum bisa ikut serta dalam SNMPTN tahun ini karena masih dalam tahap pendampingan” ujar Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015 menambahkan.
Untuk pendaftaran nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk pendaftaran prodi PTN melalui lamansnmptn.ac.id.
Berikut adalah jadwal pelaksanaan SNMPTN 2015 :
Kegiatan Waktu
1. Pengisian dan Verifikasi PDSS 22 Januari – 8 Maret 2015
2. Pendaftaran 13 Februari – 15 Maret 2015
3. Pengolahan data 16 Maret – 8 Mei 2015
4. Pengumuman Kelulusan 9 Mei 2015
5. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 9 Juni 2015 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN)
(JN13)
BACA JUGA  Demo Siswa SMA 3 Promosikan Kepsek jadi ''Duta SNMPTN''

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...