Jowonews

Logo Jowonews Brown

Soal Ukraina, AS-Rusia Kembali Memanas

WASHINGTON, Jowonews.com – Washington tidak akan mengakui klaim kedaulatan Rusia atas Krimea dan meminta Moskow untuk segera mengembalikan wilayah itu kepada Ukraina, kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo pada Rabu.

“Amerika Serikat menolak upaya aneksasi Rusia terhadap Krimea, dan akan meneruskan kebijakan ini sampai keutuhan wilayah Ukraina berhasil dipulihkan,” kata Pompeo dalam pernyataan tertulis.

“Amerika Serikat meminta Rusia untuk menghormati prinsip-prinsip internasional dan menghentikan pendudukan terhadap Krimea,” kata dia.

Pompeo menyampaikan pernyataan tersebut setelah Presiden Donald Trump menerima kecaman dari sesama Partai Republik karena dianggap menempatkan kepentingan Rusia di atas kepentingan nasional sendiri, saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam pertemuan itu, Trump membantah kesimpulan badan intelijen sendiri dengan mengatakan bahwa tidak ada alasan bagi Rusia untuk mengintervensi pemilihan umum di Amerika Serikat. Trump lalu membantah tudingan banyak pihak yang menyatakan bahwa dirinya tunduk pada kepentingan Rusia, termasuk dalam persoalan Ukraina.

“Saya tidak memberikan konsesi apa pun kepada Rusia,” tulis Trump dalam akun Twitternya beberapa waktu lalu. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...