Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Makam Tengah Kota Overload, Pemkot Siapkan TPU Modern di Jatisari

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Kota Semarang menyiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari untuk menggantikan TPU-TPU di tengah kota yang sudah melebihi kapasitas (overload).

“Kami terus sosialisasikan kepada masyarakat mengenai keberadaan TPU Jatisari,” kata Kepala Bidang Pemakaman Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang Agus Salim di Semarang, Selasa.

Ia menjelaskan TPI Jatisari yang berada di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) Semarang memiliki luas sekitar 20 hektare, tetapi sementara ini yang sudah dimanfaatkan baru sekitar satu ha.

Menurut dia, TPU Jatisari merupakan kompensasi dari pengembangan perumahan sebagai fasilitas umum sesuai Perda Nomor 10/2009 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Pelayanan Pemakaman Jenazah di Kota Semarang.

“Kami memperkirakan empat tahun ke depan, ketersediaan lahan pemakaman di Kota Semarang terus berkurang, terutama di kawasan tengah kota. Makanya, kami gencar menyosialisasikan TPU Jatisari,” katanya.

Agus mengakui warga yang tinggal di kawasan tengah kota, seperti Semarang Tengah maupun Semarang Timur melihat lokasi TPU Jatisari sangat jauh, tetapi di tengah kota pemakaman juga sudah penuh.

Ia mengakui TPU Bergota, TPU Trunojoyo, dan TPU Kesambi yang relatif berada di tengah kota selama ini masih menjadi jujukan masyarakat untuk memakamkan sanak keluarganya meski sudah overload.

“Ini merupakan salah satu upaya Pemkot Semarang dalam penyediaan lahan pemakaman umum yang semakin lama kian menyusut. Bahwa di TPU Jatisari masih ada lahan pemakaman yang tersedia,” katanya.

Pembangunan akan dilakukan secara bertahap di TPU Jatisari dengan konsep modern, lanjut dia, seperti pembuatan zona (zonasi) atau blok dengan luasan sekitar 50×100 meter untuk setiap bloknya.

“Dari luasan 20 ha, kami petak-petak untuk memudahkan zonasi. Konsepnya modern, seperti Mount Carmel di Ungaran, Kabupaten Semarang. Setiap bloknya memiliki luas sekitar 50×100 meter,” katanya.

BACA JUGA  Perizinan Investasi Di Cilacap Mudah

Diharapkan, kata Agus, keberadaan TPU Jatisari yang dibangun dengan konsep modern nantinya bisa menggantikan peran, sekaligus mengurangi kepadatan TPU yang ada di kawasan tengah kota.

“Kami akan membangun TPU Jatisari yang ada di kawasan BSB, Kecamatan Mijen tahap demi tahap. Pada 2017 mendatang, pembangunan TPU dengan membentuk blok-blok sudah dilakukan,” katanya. (jn16-ant)


Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...