Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Soto Seger Boyolali, Gurih dan Segarnya Bikin Orang Datang Mencoba Lagi

Soto Seger Boyolali Hj. Fatimah

Jowonews.com – Soto Seger adalah salah satu kuliner yang sangat lekat dengan Kota Susu Boyolali. Untuk menemukan warung sote di Boyolali sangatlah mudah. Salah satunya Soto Seger Boyolali Hj. Fatimah.

Warung Soto Seger Hj. Fatimah menjadi salah satu warung soto populer di Boyolali. Di warung soto ini tersedia dua macam menu soto seger, yakni soto daging ayam kampung dan soto daging sapi.

Selain menu utama di atas, Warung Soto Seger Hj. Fatimah juga menyediakan berbagai macam gorengan sebagai pelengkap makan soto, antara lain perkedel, tempe mendoan, bakwan, dan kerupuk. Selain gorengan juga terdapat berbagai jenis sate, antara lain sate telur puyuh, sate usus, sate kikil, sate ati, serta aneka jeroan. Disamping itu ada juga tempe dan tahu bacem, serta tempe kriuk yang renyah dan tebal.

Soto Seger Hj. Fatimah Beda dengan Soto Lain di Boyolali

Soto Seger Boyolali Hj. Fatimah
Soto Seger Boyolali Hj. Fatimah beserta lauk-pauk teman makan soto.

Menurut berbagai sumber, pada awalnya Soto Boyolali biasa dinikmati menggunakan kobis. Ada pula sebagian dinikmati dengan tambahan acar mentimun. Namun, di Soto Seger Hj. Fatimah, semangkuk soto dinikmati dengan menambahkan, tauge, bawang goreng, seledri dan perasan jeruk nipis. Jadi soto seger biasa disebut karena rasa segar yang dihasilkan dari tambahan perasan jeruk nipis tadi.

Selain itu, salah satu ciri utama Soto Seger Hj. Fatimah adalah tampilan kuah bening dan menyegarkan. Nuansa peda soto keluar dari rempah merica, dan porsi kuahnya lumayan banyak.

Sejarah Singkat Berdirinya Soto Seger Hj. Fatimah

Warung Soto Seger Boyolali pada awalnya dibikin oleh Hj. Fatimah pada tahun 1998. Ibu Hj. Fatimah mencoba usaha warung soto untuk pertama kalinya. Lokasi warung pertama kalinya di pojok pertigaan Jl. Pandanaran atau depan Swalayan Galaxy.

BACA JUGA  Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Dijamin Mantul

Sebelum membuka warung, Hj. Fatimah melakukan observasi terlebih dahulu ke beberapa warung soto yang ada di Boyolali. Mayoritas warung pada saat itu menambahkan kubis sebagai tambahan soto. Namun, hal itu akan sedikit merepotkan karena harus memotong-motong kubis terlebih dahulu. Tentu berbeda kalau yang ditambahkan adalah kecambah, tinggal menambahkan saja dan lebih praktis. Selanjutnya, ditambahkan jeruk nipis agar soto terasa lebih segar.

Pada awalnya Hj. Fatimah berjualan soto di lapak pedagang kaki lima (PKL) seluas 30 meter persegi. Para pelanggannya biasa menikmati soto dengan duduk lesehan beralaskan tikar di emperen soto.

Warung Soto Mbok Giyem, Sebagai Awal Nama Soto Seger Hj. Fatimah

Waktu awal berdiri, nama brand warung soto bukanlah Soto Seger Hj. Fatimah, melainkan Warung Soto Seger Mbok Giyem. Nama Mbok Giyem dipilih karena merupakan ibu kandung dari Hj. Fatimah. Hal yang lazim di Indonesia ketika menggunakan nama Ibu atau orang tuanya sebagai nama brand usaha.

Namun, hal menariknya, Mbok Giyem bukanlah penjual soto. Mbok Giyem justru berjualan sate kambing. Sementara resep soto yang dipakai hingga saat ini berasal dari Kakak Hj. Fatimah.

Ganti Brand dari Soto Seger Mbok Giyem menjadi Soto Seger Hj. Fatimah
Warung Soto Seger Hj. Fatimah di Boyolali
Warung Soto Seger Hj. Fatimah di Boyolali

Seiring berjalannya waktu, Soto Seger Hj. Fatimah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Warung soto buka dari siang hingga malam. Pengunjung cukup ramai dan mayoritas pelanggan kebanyakan dari luar kota.

Pada tahun 2004, warung pindah ke lokasi sendiri yang sekarang di tempati hingga saat ini. Lokasinya menjadi lebih luas, dan buka lebih pagi.

Pada tahun 2015, akhirnya terjadi perubahan brand dari Soto Seger Mbok Giyem menjadi Soto Seger Hj. Fatimah hingga sekarang. Hingga saat ini Warung Soto Seger Boyolali Hj. Fatimah setidaknya telah memiliki 10 cabang di Boyolali (3), Solo (1), Sukoharjo (2), Jogja (2), Klaten (2), dan Salatiga (1). Dalam sehari rata-rata percabang mampu menghabiskan sekitar 300 porsi soto.

BACA JUGA  Sate Blora, Sate Terbaik dengan Kenikmatan Tiada Dua
Warung Soto Seger Boyolali Sering Disinggahi Pejabat

Warung Soto Seger Hj. Fatimah seringkali menjadi jujukan para pejabat dan orang penting di negeri ini. Sebut saja seperti Presiden Joko Widodo, Mahfud Md, Ganjar Pranowo, dan pejabat lainnya.

Lokasi dan Jam Buka Soto Seger Hj. Fatimah

Lokasi Soto Seger Boyolali Hj. Fatimahantara lain:

  1. Jl. Garuda, Sidoharjo, Banaran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57313
  2. Jl. Pandanaran No.257, Sidoharjo, Banaran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57313
  3. Jl. Pandanaran No.391, Ngepos, Banaran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57313
  4. Jl. Bhayangkara No.72a, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57154
  5. Jl. Mayor Kusmanto No.36, RW.09, Sipacar, Semangkak, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57438
  6. CQQ6+WR5, Gumpang Lor, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
  7. Prujakan, Jl. Nangka No.7, Tambakan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55581
  8. Jl. Brigjen Sudiarto No.1b, Mangunsari, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50721

Adapun jam buka Soto Seger Boyolali mulai pukul 05.30 – 21.00 WIB.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...