Jowonews

Logo Jowonews Brown

Sssttt… Pacaran di Taman Kota Semarang Bakal Terekam CCTV

SEMARANG, Jowonews.com – Mengantisipasi kegiatan yang meresahkan, Pemerintah Kota Semarang menargetkan penambahan pemasangan setidaknya 200 unit CCTV (close-circuit television).

“Sekarang ini, baru ada sekitar 22 CCTV untuk pemantau jalan yang dikelola Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo),” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Senin.

Pada tahun ini, kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi setidaknya akan ditambah sebanyak 200 CCTV di ruang-ruang publik, seperti taman kota dan halte BRT (bus rapid transit) Trans Semarang.

Beberapa waktu lalu, Pemkot Semarang juga dikejutkan dengan laporan masyarakat mengenai aksi vandalisme di Taman Pandanaran yang baru rampung dibangun dengan rusaknya tulisan ikon taman.

Hendi beserta jajarannya langsung meninjau Taman Pandanaran untuk mengecek kerusakan, serta menginstruksikan untuk segera memang perangkat CCTV di taman kota yang menjadi tempat publik.

Menurut dia, keberadaan perangkat CCTV itu akan diintegrasikan dengan satuan-satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, terutama Dishubkominfo untuk memantau kepadatan di jalan raya.

Dengan SKPD terkait lainnya, misalnya, Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga (Disospora) yang bisa memanfaatkan keberadaan perangkat CCTV itu untuk memantau aktivitas dari anak-anak jalanan.

Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Agus Harmunanto menambahkan, keberadaan CCTV yang terpasang di berbagai itu selama ini berfungsi memantau kondisi lalu lintas di sejumlah jalan protokol.

Perangkat CCTV itu akan disinkronkan dengan ATCS (area traffic control system) atau sistem pengendali lalu lintas berbasis teknologi informasi yang dikelola Dishubkominfo Kota Semarang.

Dengan penambahan CCTV, dia berharap bisa daya cakup pantauan bisa lebih luas ke berbagai area jalan sehingga memudahkan dalam memantau jika terjadi kepadatan arus lalu lintas atau kemacetan.

“Dari pihak kepolisian, kami sering dimintai bantuan mengungkap kasus kriminalitas di jalan dengan pemasangan CCTV ini. Kalau jumlahnya ditambah, tentunya area pengawasan lebih luas,” katanya. (jn16-ant)

BACA JUGA  Kader PKS Daftar Cagub DKI Lewat PDIP

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...