Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ssstt…. Angka Hakim Selingkuh Meningkat Sejak 2014 !

JAKARTA, Jowonews.com – Peningkatan fasilitas yang diterima oleh hakim pada tahun 2013 rupanya juga meningkatkan hembusan isu tak sedap di lembaga peradilan tersebut.

Komisi Yudisial (KY) mengungkapkan bahwa jumlah isu perselingkuhan hakim mengalami peningkatan sejak awal tahun 2014.

Kendati jarang terungkap, angkanya cukup parah, dari 45 kali sidang majelis kehormatan hakim 28,89 persen adalah kasus perselingkuhan oleh hakim.

“Sejak awal 2014 isu perselingkuhan hakim memang lebih menonjol dibandingkan dengan sebelumnya,” ujar juru bicara KY Farid Wajdi ditemui di Gedung Komisi Yudisial Jakarta, Rabu.

Farid mengungkapkan bahwa isu perselingkuhan hakim ini mengalami peningkatan bila dikaitkan dengan adanya peningkatan fasilitas yang didapatkan oleh hakim sejak 2013.

“Memang belum ada kajian khusus, namun isu ini meningkat sejak adanya peningkatan fasilitas untuk hakim,” kata Farid.

Pada catur wulan kedua tahun 2016, KY telah mengusulkan kembali kepada Mahkamah Agung bahwa terdapat dua hakim yang diduga melanggar kode etik pedoman perilaku hakim terkait dengan kasus perselingkuhan.

Farid juga mengungkapkan sepanjang sidang Majelis Kehormatan Hakim diselenggarakan sejak tahun 2009 hingga Agustus 2016, isu perselingkuhan oleh hakim menduduki posisi kedua terbanyak setelah isu penyuapan.

“Dari 45 kali sidang majelis kehormatan hakim 28,89 persen adalah kasus perselingkuhan oleh hakim,” ungkap Farid.

Lebih lanjut Farid mengatakan bahwa kasus perselingkuhan ini memang lebih kepada teknis non yudisial, dan salah satu pemicunya memang komunikasi dan kedekatan dengan keluarga.

“Kalau dilihat lebih jauh memang kedekatan dengan keluarga atau komunikasi dengan keluarga yang menjadi salah satu pemicu, termasuk ketiadaan suami atau istri ketika pemindahan tugas,” pungkas Farid. Jn16-ant

BACA JUGA  Turun Harga, Penjualan Pertamax di Jepara Meningkat Drastis

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...