Jowonews

Logo Jowonews Brown

Sutopo BNPB Minta Ani Yudhoyono Tetap Semangat

JAKARTA, Jowonews.com – Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan penyintas kanker paru stadium 4B meminta Kristiani Herawati, istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akrab disapa Ani Yudhoyono, tetap semangat meskipun divonis mengidap kanker darah.

“Yang penting Ibu Ani tetap semangat, ikhlas menerima ujian sakit kanker darah ini, terus berdoa dan ikhtiar, serta selalu bersyukur kepada Allah SWT karena masih banyak kenikmatan dan kesehatan tubuh lain yang Allah limpahkan kepada Ibu Ani,” kata Sutopo secara tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sutopo mengatakan dia sedang menjalani kemoterapi ke delapan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta dan sengaja mengirim doa untuk kesembuhan Ani Yudhoyono yang sedang dirawat Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura.

Menurut Sutopo, meskipun bukan siapa-siapa bagi Ani Yudhoyono, sebagai penyintas kanker dia memahami bagaimana sakit lahiriah dan batiniah ketika dokter memvonis kanker.

“Rasa ‘shock’, bingung dan sedih pasti memenuhi benak kita. Mengapa saya? Itu pertanyaan yang selalu muncul di awal,” tuturnya.

Sutopo mengatakan perlu kesabaran dan kekuatan menghadapi ujian yang berat tersebut. Ia meminta Ani Yudhoyono tidak putus asa dan menyerah. “Tetaplah berdoa kepada Allah SWT karena sesungguhnya sehat dan sakit itu kuasa Allah. Dokter, perawat dan orang lain adalah perantara saja sesuai keahlian yang dimilikinya,” katanya.

Sutopo mengatakan kanker memiliki arti pengidapnya harus memperbaiki kualitas hidup dengan menjaga pola makan dan menghindari makanan yang disukai kanker.

Makanan mengandung gula, makanan yang dibakar, berpengawet dan mengandung zat kimia sebaiknya dihindari. Perbanyak makan buah dan sayuran.

“Yang tidak kalah penting tetaplah berpikir positif. Pikiran sangat mempengaruhi hati, sikap, batin dan kesehatan tubuh kita,” tuturnya.

BACA JUGA  Istri Wakapolda Jateng Tutup Usia karena Kanker Darah

Sutopo mengajak Ani Yudhoyono untuk memandang sakit kanker tersebut sebagai pertanda sayang dari Allah yang ingin menguji kesabaran, kekuatan dan ketakwaan agar senantiasa berdoa, meminta belas kasihan dan mengangkat sakit tanpa meninggalkan sakit yang lain.

“Semoga Ibu cepat sembuh dan sehat. Rakyat Indonesia mendoakan Ibu dan membutuhkan Ibu. Untuk Pak SBY sekeluarga agar tetap sabar merawat Ibu Ani. Keluarga adalah sumber penyemangat utama bagi para penyintas kanker,” tutupnya. (T.D018) Baca juga: SBY ungkapkan Ani Yudhoyono mengidap kanker darah Baca juga: Presiden kirim tim dokter ikut tangani Ani Yudhoyono. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...