Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tahun ini Diprediksi Terjadi Kemarau Panjang

riiTemanggung, Jowonews.com – BPBD Temanggung mengajukan bantuan dana untuk mengatasi kekeringan di daerah tersebut kepada Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB). Hal itu dikarenakan pada tahun ini akan terjadi kemarau yang cukup panjang.

Menurut Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Temanggung Eko Suprapto, tahun ini BPBD Temanggung menyiapkan anggaran pendistribusian air bersih sebanyak 400 tangki. Namun, kemungkinan terjadi kemarau panjang maka kami mengajukan bantuan 600 tangki air bersih ke BNPB.

Menurut prediksi BMKG, puncak kemarau diperkirakan September hingga Oktober 2015 dan berakhir antara Januari hingga Pebruari 2016. Kemarau panjang itu akibat El Nino. “Data tersebut kami dapat dari BMKG provinsi sebagai acuan, jadi kami patut waspada meskipun untuk masalah waktunya bisa maju atupun mundur,” katanya, Ahad (14/6) di Temanggung.

Berdasarkan survei dan pendataan awal, terdapat 10 kecamatan di Temanggung yang rawan terjadi kekeringan, yakni Pringsurat, Kaloran, Jumo, Kandangan, Selopampang, Tlogomulyo, Candiroto, Kranggan, Bulu, dan Tembarak. “Tahun lalu Tlogomulyo tidak masuk karena tahun 2011 hingga 2014 kemarin terpantau aman. Di kecamatan ini terdapat dua desa yang kami nilai rawan kekeringan, yakni Tlilir dan Pagersari,” katanya. (JN03)

BACA JUGA  Daerah Kekeringan di Temanggung Peroleh Bantuan Air Bersih dari BRI

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...