Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tanah Longsor Terjadi di 2 Desa di Banyumas

BANYUMAS, Jowonews.com – Tanah longsor terjadi di dua desa Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Prasetyo Budi Widodo.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, tanah longsor itu terjadi dini hari tadi di Jalan Ketos, Grumbul Gedang Wetan RT 07 RW 04, Desa Watu Agung, Kecamatan Tambak, dan Grumbul Sirebut RT 04 RW 01, Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh,” katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut dia, panjang material longsoran di Jalan Ketos, Desa Watu Agung mencapai lima meter dengan tinggi tiga meter dan merusak pagar rumah induk milik Sunaryo.

Sementara tanah longsor di Desa Banjarpanepen, kata dia, menutup akses jalan menuju Desa Bogangin sehingga mengganggu aktivitas warga. “Tanah longsor itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur dua desa tersebut,” katanya.

Selain tanah longsor, kata dia, banjir bandang juga melanda Desa Karanggedang RT 01 dan RT 02 RW 01, Kecamatan Sumpiuh, akibat jebolnya tanggul Sungai Klaceng.

Prasetyo mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan di tiga lokasi bencana tersebut.

“Kami telah mengirim lima relawan untuk melakukan ‘assessment’. Relawan lainnya akan berangkat ke lokasi setelah Shalat Jumat,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat yang bermukim di wilayah rawan bencana untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya tanah longsor dan banjir karena berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan di wilayah Banyumas masih tinggi.

Dalam kesempatan terpisah, Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas Heriana Ady Candra mengatakan banjir bandang yang melanda Desa Karanggedang sempat merendam 20 rumah dengan ketinggian air mencapai 80 centimeter.

Menurut dia, banjir bandang akibat tanggul sungai jebol sepanjang 30 meter pada hari Jumat (29/4), pukul 01.00 WIB, juga merendam sawah seluas 50 hektare.

BACA JUGA  6 Warga Tewas Diterjang Longsor Banjarnegara

“Saat ini, banjir telah surut dan warga membersihkan rumah mereka dari lumpur sisa banjir,” katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...