Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tanam 3.010 Pohon, Pemkot Galakkan Penghijauan Lahan Kritis

SEMARANG,Jowonews.com – Pemkot Semarang saat ini sedang menggalakkan lahan kritis yang perlu dihijaukan lagi. Selain untuk mengurangi abrasi pantai di pesisir, penghijauan juga dilakukan di kahan-lahan konservasi dan waduk.

Dalam hal ini kemarin Pemkot Semarang menggelar Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tingkat Kota Semarang di Waduk Jatibarang, Kecamatan Gunungpati. Kegiatan yang dipimpin oleh Pj. Walikota ini diikuti kurang lebih 600 peserta yang terdiri dari TNI, Polri, PNS, PKK, petani, serta organisasi masyarakat.

Ketua Panitia HMPI, Rusdiana mengatakan, pada kegiatan ini sebanyak 3.010 tanaman yang terdiri dari 1.750 tanaman kayu dan 1.760 tanaman bambu ditanam secara serentak di lahan seluas 13.5 ha bersama dengan warga masyarakat.

“Selain itu, untuk mengurangi laju abrasi bersamaan dengan penanaman pohon ini juga dilakukan penghijauan pesisir, pantai, lahan konservasi, serta turus jalan,” katanya, kemarin.  

Dengan mengangkat tema “Ayo Kerja Tanam dan Pelihara untuk Hidup yang Lebih Baik” kegiatan ini diharapkan mampu ikut menghijaukan kawasan Waduk Jatibarang sekaligus berfungsi sebagai green belt waduk.

Dalam peringatan hari menanam ini, lanjutnya, sejumlah lokasi sasaran menanam yang ditetapkan diantaranya lahan-lahan kritis, tanah terlantar, kawasan rawan bencana dan kawasan perlindungan sekitar waduk dan sungai.

“Berdasar data luas hutan rakyat di Kota Semarang pada tahun 2014 adalah 8.631 ha dengan didominasi pohon jati, sengon, dan mahoni yang dimanfaatkan oleh penduduk untuk pertanian tumpang sari,” ungkapnya. 

Sementara Pj. Walikota, Tavip Supriyanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan HMPI maupun kegiatan pelestarian lingkungan yang ada di Kota Semarang.

Lebih lanjut, Pj. Walikota mengajak seluruh pihak untuk tidak hanya menjadikan kegiatan ini sebagai seremoni belaka melainkan untuk menumbuhkan kesadaran menjaga ekosistem yang berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan kota Semarang yang hijau, bersih, sehat dan berkelanjutan.

BACA JUGA  KPU Jateng: Pelantikan Kepala Daerah Tunggu Mendagri

“Penanaman pohon ini jangan hanya untuk memenuhi target penanaman yang ada tetapi yang terpenting merawat dan memelihara tanaman yang sudah ada tetap tumbuh dengan baik,” tandas Pj. Walikota. (JN01/JN03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...