Jowonews

Logo Jowonews Brown

Tersambar Petir, Alat Perekam e-KTP Macet

KUDUS, Jowonews.com – Pelayanan perekaman kartu tanda penduduk secara elektronik (e-KTP) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terganggu sejak Selasa (13/12) karena peralatan pendukung jaringan internetnya rusak akibat tersambar petir.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus Hendro Martoyo melalui Kabid Informasi dan Penyimpanan Data Busono, peralatan yang mengalami kerusakan berupa “switch manageable”.

Peralatan tersebut, kata dia, berfungsi sebagai media penghubung pada jaringan internet yang sama.

Kerusakan tersebut, katanya, diketahui pada Senin (12/12), meskipun tersambar petirnya diperkirakan pada Minggu (11/12) saat turun hujan deras.

Atas gangguan tersebut, lanjut Busono, pelayanan perekaman e-KTP untuk sementara tidak bisa dilayani, mengingat jaringan internet yang menghubungkan ke server e-KTP pemerintah pusat terganggu.

Layanan perekaman e-KTP yang mengalami gangguan tidak hanya di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus, melainkan di masing-masing kecamatan di Kudus juga mengalami gangguan yang sama.

“Untuk saat ini, peralatan yang rusak sudah diganti yang baru dan menunggu proses pemasangan hingga bisa dioperasikan kembali,” ujarnya.

Ia memperkirakan layanan e-KTP kembali normal pada Kamis (15/12), termasuk layanan kependudukan lainnya yang memang membutuhkan jaringan internet. (Jn19/ant)

BACA JUGA  KPAI Teliti Anak Ancam Bunuh Mendikbud

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...