Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tiga Balon Wali Kota/Wakil Wali Kota Semarang Mengaku Sehat

balonSEMARANG, Jowonews.com- Tiga pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Semarang menjalani tes kesehatan jasmani yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang. Selesai tes ketiga balon menyatakan yakin akan lolos tes kesehatan.

“Ada sembilan tahapan pemeriksaan yang berlangsung dua jam 30 menit yang harus dilalui,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Semarang dr Elang Sumambar, Rabu kemarin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang berkoordinasi dengan IDI setempat dan rumah sakit yang ditunjuk untuk melakukan tes kesehatan, baik jasmani maupun rohani kandidat Kepala Daerah (Kada).

Untuk tahapan tes kesehatan tiga pasangan bakal calon Walikota dan wakil Walikota Semarang, IDI Kota Semarang menunjuk setidaknya sembilan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan, meliputi penyakit dalam, syaraf, mata, gigi, telinga, radiologi, hingga pemeriksaan “pap smear” khusus untuk kandidat perempuan,” katanya.

Ketiga pasangan kandidat itu, yakni Soemarmo HS-Zuber Safawi, Sigit Ibnugroho Sarasprono-Agus Sutyoso yang mengusung slogan “Si Bagus”, dan Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Pemeriksaan kesehatan jasmani itu dilakukan terpusat di satu gedung, yakni Gedung Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Kota Semarang, dan masing-masing didampingi satu perawat untuk mempermudah pemeriksaan. “Hasil tes kesehatan keluar sekitar 2-3 hari mendatang. Hasilnya diserahkan langsung ke KPU Kota Semarang. Kalau untuk penentuan lolos tidaknya, itu kewenangan KPU Kota Semarang,” pungkas Elang.

Bakal Calon Walikota Sigit Ibnugroho mengaku sudah siap mengikuti serangkaian tes kesehatan dengan berpuasa dan menahan buang air kecil, namun semalam memang tidur di atas pukul 24.00 WIB. “Ya, ada beberapa hal yang kurang jadi harus tidur jam 12 malam lebih. Namun, saya yakin lancar,” kata Sigit didampingi Agus yang diusung Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Golkar itu.

BACA JUGA  Bawaslu Susun Indeks Kerawanan Pilkada

Kandidat lainnya, Soemarmo-Zuber yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mengaku sudah melakukan persiapan fisik dan nonfisik, termasuk berpuasa.

Demikian pula pasangan Hendi-Ita yang mengaku telah mempersiapkan diri dengan baik untuk tahapan pemeriksaan kesehatan, bahkan Ita sebagai satu-satunya kandidat perempuan harus menjalani pemeriksaan “pap smear”.

 “Yang berat itu menahan kencing sejak pukul enam pagi (06.00 WIB, red),” kata Hendi didampingi Ita yang diusung PDI Perjuangan, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Demokrat itu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan hasil tes kesehatan akan menentukan pada proses verifikasi karena berkaitan dengan kemampuan menjalankan tugas kepala daerah.

Rencananya, tahapan tes kesehatan akan dilanjutkan pada Kamis (30/7) untuk pemeriksaan kesehatan rohani yang dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Amino Gondohutomo Semarang. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...