Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tiga BPR di Jateng Dinyatakan Tidak Sehat

SEMARANG, Jowonews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melansir ada tiga Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Tengah yang tidak sehat. Indikatornya tingkat kredit macet pada ketiga BPR tersebut diatas 10,15%. Padahal secara umum bank yang sehat kredit macetnya tidak lebih dari 5%.

“Secara industri jumlah BPR yang tidak sehat ada tiga, sedangkan yang kurang sehat ada lima,” kata Kepala OJK Kantor Regional III Jawa Tengah-DIY, Panca Hadi Suryatno di Semarang, Rabu (7/9).

Meski demikian, pihaknya enggan menyampaikan BPR mana saja yang saat ini sedang dalam kondisi kurang sehat maupun tidak sehat.

Dikatakan, BPR dikatakan kurang sehat apabila “Non Performing Loan” (NPL) atau tingkat kredit macet diatas 10,15%. Jika lebih dari 15%, maka BPR tersebut dalam kondisi tidak sehat. “Sedangkan jika masih di bawah 10,15 persen, meskipun dalam level tinggi tetapi kondisinya masih sehat,” katanya.

Panca menjelaskan, ada beberapa aspek yang digunakan untuk mengukur BPR tersebut sehat atau tidak, di antaranya dari sisi permodalan, kualitas aset bisa dari NPL, dari sisi manajemen, dan likuiditas.”Kalau kebanyakan memang dari sisi NPL. Dalam hal ini BPR kurang dapat menganalisa kondisi calon debitur,” imbuhnya. (jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...