Jowonews

Tiga Parpol Diprediksi Jadi Penonton

pilkadaKENDAL, Jowonews.com -T iga partai politik  di Kendal kemungkinan hanya akan jadi penonton dalam Pilkada Kendal 2015. Masing-masing adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat (PD) dan Partai Golkar (PG).

 Pasalnya, tiga parpol tersebut hingga Kamis (30/7) kemarin belum menentukan sikap dukungan ke salah satu dari dua pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang sudah mendaftar ke KPU.

Prediksi itu karena dalam pilkada Kendal, tiga parpol tersebut telah memutuskan mengusung pasangan Mukhamad Mustamsikin-Akhadi Adi Putra (Mutiara). Sementara pasangan tersebut hingga akhir pendaftaran pencalonan Selasa (28/7), tidak mendaftarkan diri ke KPU. Bahkan Akhadi Adi Putra yang digadang-gadang untuk jadi wakil justru mengundurkan diri paska dideklrasikan pada pertengahan bulan.

 Kegagalan dalam mengusung pasangan balon itulah yang disinyalir menjadi faktor utama ketiga parpol tersebut belum memiliki arah politis. “Kalau saya melihat akan abstain, tapi masih ada kemungkinan PPP akan menjatuhkan dukungan ke pasangan Widya Kandi Susanti-Muhammad Hilmi,” ujar pengamat politik, Kartika Nursapto.

Sedangkan dua lainnya PG dan PD kemungkinan besar akan memilih sebagai penonton.  “Sepertinya Golkar dan Demokrat lebih memilih abstain, karena rekomendasi dua parpol tersebut sudah turun kepada pasangan Mutiara,” tandasnya.

Sementara Ketua DPC PD Kabupaten Kendal, Suwindi mengakui jika parpolnya masih belum menentukan langkah dalam memberikan dukungan terhadap pasangan balon bupati-wakil bupati yang resmi mendaftar di KPU setempat. “Masih belum ada kebijakan apapun dari DPP, sehingga kami belum menentukan sikap,” ujarnya, kemarin.

 Rencananya, pihaknya bersama PPP dan Golkar akan melakukan pertemuan untuk membahas arah dukungan, hari ini. Hal itu dilakukan setelah koalisi yang mereka bangun gagal mengusung pasangan calon. (JN01)

Tinggalkan komentar