Jowonews

Logo Jowonews Brown

Tingkatkan Kualitas Ustadz LP3Q Adakan Kelas Khusus TPQ

SEMARANG, Jowonews.com – 56 pengurus Badqo TPQ mengikuti kelas khusus bagi pengelola TPQ yang di selenggarakan oleh Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan al Quran (LP3Q)  di SMP IT Insan Cendikia Gajahmungkur,  20/04 – 11/05/2019).

Direktur LP3Q Kota Semarang, Bahrul Fawaid, mengatakan kegiatan ini diadakan khusus untuk merespon kebutuhan akan terwujudnya pendidikan keagamaan khusus untuk anak usia dini yang memadukan antara kebutuhan akan materi baca tulis al Quran dan akhlaq/ karakter.

“Apalagi anak-anak merupakan fase yang sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai keteladanan yang akan digunakan kelak dalam kehidupannya. Itulah pentingnya, mengapa pengelola TPQ perlu memformulasikan bagaimana penanaman pemahaman Islam yang ramah, komprehenship, dan moderat kepada santri-santri TPQ”,ujarnya Minggu (05/05/2019).

Ia menambahkan  di kelas ini, semua pendekatan yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan itu diberikan, mulai pendekatan materi hingga pendekatan karakter.

“Kita adakan  kelas ini juga untuk  merespon Pemerintah Kota Semarang yang dalam beberapa kesempatan menekankan tentang pentingnya pemahaman Islam yang baik dan benar, utamanya kepada generasi penerus”, tambahnya.

Prof. Dr. KH. Ahmad Rofiq, MA (Wakil Ketua Umum MUI Jateng/ Direktur Pascasarjana UIN Walisongo Semarang) yang  didapuk sebagai pembicara di kelas ini, menyampaikan Islam adalah agama yang mengatur tentang kehidupan manusia secara menyeluruh dan sempurna.

“Oleh karena itu, agar orang mendapatkan pemahaman agama yang utuh, dibutuhkan pendekatan yang komprehenship. Prinsip egaliter, moderat, dan mengedepankan persatuan dan kesatuan umat manusia, harus lebih diutamakan daripada perdebatan mengancam keutuhan bangsa”, bebernya.

Prof. Dr. Hardhani Widhiastuti, MM Psikolog (Guru Besar Psikologi Organisasi USM) mengungkapkan pentingnya prinsip manajerial dalam mengelola TPQ.

“Penting sekali prinsip manajerial dalam TPQ  karena ini berpotensi menjadi organisasi yang besar. Segala sumber daya yang ada di TPQ, kalau dikelola denga lebih optimal akan menghasilkan keuntungan lebih dari yang selama ini dihasilkan apalagi TPQ ini berkonsep Ketuhanan”,ungkapnya

BACA JUGA  Guru Bersinergi Tingkatkan Metode Pembelajaran Al Qur'an Pada Anak

Pada kelas khusus ini peserta diberikan materi-materi seperti, Murottal, Pengantar Studi Islam, Manajemen Pengelolaan TPQ, Kurikulum TPQ, Psikologi Organisasi TPQ, Administrasi ke-TPQ-an, Pendekatan al Quran, Pendekatan hadits, dan peraturan perundangan TPQ, dan legal standing TPQ. (jwn5)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...