Jowonews

Logo Jowonews Brown

Tingkatkan Produktivitas Masyarakat, Pemkot Magelang Optimalkan Potensi dan Sumber Daya

MAGELANG, Jowonews.com — Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah meningkatkan produktivitas berbagai kalangan masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan sumber daya kota itu.

“Itulah tema Hari Jadi Kota Magelang tahun ini, ‘Magelang Produktif dan Cerdas’, yang bertujuan menggerakkan seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama meningkatkan produktivitas dengan memaksimalkan segala potensi dan sumber daya,” kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat peringatan Hari Jadi Ke-1113 Kota Magelang di Magelang, Kamis.

Ia mengemukakan upaya meningkatkan produktivitas warga itu untuk memperkuat kesejahteraan mereka dan kemajuan kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Sejauh ini, kata dia, pencapaian pembangunan Kota Magelang sudah menunjukkan progres positif, antara lain pertumbuhan ekonomi mencapai 5,21 persen pada 2018 dan inflasi yang mampu dikendalikan pada angka 2,65 persen.

Ia menyebut persentase warga miskin yang mengalami penurunan 7,87 persen sebagai hal yang berbanding lurus dengan tingkat pengangguran terbuka yang turun 4,88 persen pada 2018.

“Alhamdulillah berbagai prestasi sudah kita raih, indikator kemiskinan turun, angka pengangguran baik, semua baik, ke depan akan dirumuskan lagi harus lebih baik lagi,” ucap Sigit dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang.

Pada kesempatan itu, Sigit mengemukakan bahwa peringatan hari jadi kota setempat sebagai momentum introspeksi diri terhadap segala sesuatu yang telah terjadi di daerah tersebut, terutama pada tahun sebelumnya.

Selanjutnya, kata dia, perlu rekonstruksi atas berbagai hal baik yang perlu dipertahankan dan memperbaiki hal yang perlu dibenahi untuk kemajuan kota pada masa mendatang.

“Hari jadi tahun ini jadi momentum bagi kita semua, kira-kira kebijakan tahun kemarin sudah baik apa belum, programnya prorakyat apa belum,” kata dia.

Dalam rangkaian upacara Hari Jadi Ke-1113 Kota Magelang tersebut, Sigit menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga pemenang ajang Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2019 masyarakat tingkat Kota Magelang, yakni R. Saiful Haq Brata Kusuma (Pemanfaatan Limbah Plastik untuk Media Tanam), Chamim Susanto (Drying Room), dan Nasrul Hidayat Subagyo (Sampah Sayur Rumah Tangga menjadi Berkah).

BACA JUGA  Kemiskinan Di Kulon Progo Turun 7,53 Persen

Prestasi lain yang ditorehkan Kota Magelang beberapa waktu terakhir, antara lain Indeks Daya Saing Daerah tertinggi se-Jateng, Wali Kota Pelopor Inovasi Daerah tingkat Jateng 2018, Innovative Government Award, dan Adipura 2018.

Selain itu, Penghargaan Pasar Rakyat Terbaik Nasional kategori Pasar Ramah Difabel 2019 untuk Pasar Rejowinangun, Juara I Lomba Pelaksana Terbaik BBGRM tingkat Jateng untuk Kelurahan Tidar Selatan, dan Predikat BB (sangat baik) Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah 2019 tingkat Jateng.

Segala pencapaian dan prestasi itu, kata dia, buah kerja keras semua kalangan masyarakat dan unsur pemkot setempat.

“Prestasi itu dicapai karena kolaborasi aktif antara pemerintah dan elemen masyarakat. Semangat berprestasi inilah yang harus terus kita jaga,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...