Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Titik Kekeringan di Purbalingga Meluas

kekeringanPurbalingga, Jowonews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga menyatakan bahwa wilayah yang dilanda kekeringan di kabupaten itu meluas jika dibanding musim kemarau tahun 2014.

“Pada kemarau tahun 2014, tercatat sembilan kecamatan yang mengajukan permohonan bantuan air bersih namun tahun ini sudah ada 10 kecamatan yang mengajukan permohonan,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Purbalingga Priyo Satmoko di Purbalingga, Jumat (4/9).

Lebih lanjut, Priyo mengatakan bahwa kecamatan yang sebelumnya tidak mengalami kekeringan dan pada musim kemarau tahun 2015 mengajukan permohonan bantuan air bersih, yakni Mrebet. Sementara sembilan kecamatan lainnya yang rutin mengajukan permohonan bantuan air bersih, yakni Kejobong, Pengadegan, Karangreja, Kaligondang, Karanganyar, Kertanegara, Bobotsari, Kutasari, dan Karangmoncol.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa bencana kekeringan tersebut tidak melanda seluruh desa di kecamatan tersebut. “Hanya sebagian desa yang mengalami kekeringan. Yang paling parah di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar,” jelasnya.

Meskipun jumlah kecamatan yang mengajukan permohonan bantuan air bersih bertambah, dia mengatakan bahwa jumlah desa yang mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun 2015 sebanyak 34 desa sedangkan tahun sebelumnya mencapai 49 desa.

Menurut dia, hingga saat ini BPBD Purbalingga telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 724 tangki ke 34 desa yang dilanda kekeringan. “Kalau tahun 2015 secara keseluruhan mencapai 907 tangki untuk 49 desa,” katanya.

Lebih lanjut, Priyo mengatakan bahwa 724 tangki air bersih yang disalurkan BPBD Purbalingga itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, BPBD, PT Pegadaian (Persero) melalui program “BUMN Hadir untuk Negeri”. (JN03)

BACA JUGA  Sebanyak 20 Kecamatan di Sragen Kekeringan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...