Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tiwul Wonosobo Tembus Taiwan

WONOSOBO, Jowonews.com – Tiwul instan produksi Dusun Kawista, Desa Adiwarno, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah laris manis. Tak hanya laku di pasar lokal, makanan tradisional ini bahkan sudah menembus luar negeri seperti Tiawan, Australia, Suriname, dan Hongkong. Begitu tingginya permintaan pasar, sehingga membuat produsen tiwul ini kewalahan memenuhinya.

Pemilik usaha tiwul instan di Dusun Kawista, Desa Adiwarno, Kecamatan Selomerto, Lilik Sri Rahayu mengatakan pihaknya terus berusaha menambah kapasitas produksi karena permintaan terus meningkat.

“Saat ini kami baru bisa membuat sekitar 100 kilogram tiwul instan per minggu dan produksi itu jauh di bawah permintaan pasar yang mencapai tiga hingga empat kali lipat,” katanya, Senin (2/5).

Dalam pemasaran produk, pihaknya mengemas dalam kantong plastik masing-masing 400 gram. Kendala menambah kapasitas produksi, karena tidak memiliki peralatan pendukung yang memadai. “Agar produksi bisa konstan dalam jumlah sesuai target, kami sangat membutuhkan alat pengering,” katanya.

Ia mengatakan alat pengering memegang peran vital karena selama ini pihaknya hanya bergantung pada pengering alami dari panas matahari.
“Di musim hujan seperti ini jelas sangat sulit mengandalkan pengeringan secara alami mengingat curah hujan di Wonosobo cukup tinggi,” terangnya.

Ia menuturkan usaha yang telah dirintis sejak delapan tahun lalu itu memiliki “multiplier effect” cukup luas. Selain mempekerjakan karyawan, usaha tiwul instan tersebut tidak berdiri sendirian. “Mulai dari bahan baku berupa singkong, kemudian pengolahan menjadi tepung mocaf dikerjakan oleh pihak lain. Ini demi terciptanya peluang kerja sama yang saling menguntungkan,” tandasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...