Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

TMMD Masih Dibutuhkan Masyarakat

KENDAL, Jowonews.com – Program Tentara Manunggal Menunggal Desa (TMMD) sampai saat ini masih dibutuhkan masyarakat. Sebab selama ini hasilnya dirasakan masyarakat. Karena masih dibutuhkan masyarakat maka perlu dilanjutkan.

Hal ini disampaikan Bupati Kendal Mirna Annisa pada upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2016/ Reguler ke 96 di Alun-alun Kendal, tadi pagi. Program TMMD juga membantu pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk komitmen dalam membangun negara bersama masyarakat.

“Bagi desa, program TMMD bisa mempercepat membangun desa, sekaligus mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata bupati, Selasa (3/5/2016).

TMMD tahun 2016 ini diadakan di Kelurahan Jotang Kecamatan Kendal mulai 3-23 Mei 2016. Sesuai laporan petugas upacara dari Kodim 0715, bahwa kegiatannya meliputi fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik yaitu pengecoran jalan sepanjang 800 meter x 3 meter dan rehab mushola.

Program non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, yaitu penyuluhan wasbang, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan tenaga kerja dan transmigrasi, penyuluhan penanganan bencana dan kesehatan, penyuluhan pertanian dan kehutanan, penyuluhan bahaya narkoba, dan penyuluhan lalu lintas. Juga ada hiburan masyarakat dan pasar murah.

Dilaporkan juga, kegiatan TMMD mencapai Rp 314 juta, berasal dari dana APBD Provinsi sebesar Rp 130 juta, APBD Kabupaten Kendal sebesar Rp 159 juta, dan swadaya masyarakat Rp 25 juta.

TMMD melibatkan 108 petugas, terdiri dari personel Kodim Kendal 40 personel, petugas Polres Kendal 2 orang, tenaga kesehatan 1 orang, pemda 3 orang, linmas 2 orang, dan  masyarakat 60 orang.

Sementara itu Sekda Kendal Bambang Dwiono mengatakan, dipilihnya Kelurahan Jotang karena kondisi infrastruktur jalannya banyak yang rusak. Padahal Kelurahan Jotang masuk wilayah Kota Kendal. (jn09/jn03)

BACA JUGA  Cawabup Kendal Masrur Masykur Dipolisikan LSM

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...