Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Toko Swalayan Temanggung Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Beberapa toko swalayan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memberlakukan kantong plastik berbayar meskipun daerah ini bukan menjadi bagian dari 22 kota yang melakukan sistem kantong plastik berbayar.

Berdasarkan pantauan di Temanggung, Senin, pengumuman tentang pemberlakuan kantong plastik berbayar kepada konsumen itu terpasang di depan kasir.

Karyawan toko swalayan di Jalan Sri Suwarno Temanggung, Rizki Maulana, mengatakan pemberlakuan kantong plastik berbayar tersebut dilakukan sejak Minggu (21/2).

“Pemberlakuan kantong plastik berbayar tersebut berdasarkan perintah dari kantor pusat,” katanya.

Menurut dia pemberlakukan kantong plastik berbayar itu mendapat reaksi beragam dari konsumen, ada pembeli yang menolak, namun sebagian besar dapat menerima tebusan Rp200 per kantong tersebut.

Ia mengatakan anjuran untuk membawa kantong plastik kepada konsumen belum efektif, para konsumen masih mengandalkan kantong plastik dari toko walaupun mereka harus membayar.

Seorang pembeli warga Sidorejo, Temanggung, Fina mengatakan tidak keberatan mengganti Rp200 per kantong plastik dari pada harus membawa sendiri dari rumah.

“Karena sudah terbiasa mendapat kantong plastik dari toko, lebih baik membayar dari pada harus membawa dari rumah,” katanya.

Sebanyak 22 kota, antara lain Jakarta, Bandung, Balikpapan, Makassar dan Surabaya serentak memberlakukan sistem kantong plastik berbayar yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) guna mengurangi produksi sampah terutama dari bahan plastik. (JN03/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...