Jowonews

Logo Jowonews Brown

Tokoh Pers Nasional, Astrid Soerjo Tutup Usia

JAKARTA, Jowonews.com – Kabar duka mengampiri kalangan pers di tanah air. Salah seorang tokoh pers nasional, Astrid Soerjo binti Djamaluddin Adinegoro meninggal dunia di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC) Jakarta sekira pukul 04.35 WIB, Senin (11/4), setelah sekian lama terkena kanker.

Putri bungsu pejuang pers nasional Djamaluddin Adinegoro alias Djamaluddin Gelar Datuk Madjo Sutan itu disemayamkan di rumah duka Jalan Banyumas nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat. Pemakaman akan didilakukan di San Diego Hills, Cikarang, Jawa Barat.

Semasa hidupnya, Bu Astri –demikian kalangan pers menyebutnya– menjadi salah seorang anggota Dewan Penasehat Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan pernah melanjutkan surat kabar Neraca yang didirikan ayahandanya. Astrid juga sangat aktif dalam kegiatan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang setiap tahun diselenggarakan PWI Pusat untuk mengenang sekaligus meneruskan semangat Adinegoro sebagai wartawan multitalenta, juga sebagai kartograf (pembuat peta), penulis cerpen dan novel, serta pendiri Radio Republik Indonesia (RRI) di Bukitinggi.

Astrid mengharapkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro menjadi peluang bagi seluruh wartawan Indonesia untuk berkompetisi membuat laporan jurnalistik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.
Mantan Direktur Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) PWI Pusat itu menyatakan, “Ini menjadi peluang pula bagi wartawan di daerah, mulai dari Papua hingga Aceh menjadi pemenang Anugerah Adinegoro”.

Astrid, yang alumni Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), juga berharap bahwa wartawan Indonesia selalu memacu kreativitasnya dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, seperti yang dicita-citakan Adinegoro semasa hidupnya. “Sudah waktunya pula para wartawan bisa mengembangkan jurnalisme sastrawi yang dapat diterima masyarakat. Sekarang ini kan kecenderungan pemberitaan terkesan serba instan,” ujarnya saat mengumumkan Anugerah Adinegoro 2008. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...