Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pati Raih Penghargaan Adipura Buana

PATI, Jowonews.com – Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mendapatkan penghargaan Adipura Buana untuk kategori kota kecil setelah sebelumnya sempat menjadi nominator untuk mendapatkan Adipura Paripurna yang merupakan tingkatan penghargaan paling tinggi.

“Kabupaten Pati memang sempat masuk empat besar calon peraih Adipura Paripurna. Ternyata tim penilai memutuskan bahwa untuk kategori kota kecil tak satu pun nominator yang mendapatkan adipura Paripurna,” kata Bupati Pati Haryanto melalui rilisnya di Pati, Jumat.

Dengan demikian, kata dia, di Indonesia memang tidak ada kota kecil yang berhasil memperoleh adipura paripurna.

Meskipun demikian, kata dia, Kota Pati tetap masuk dalam jajaran kota terbersih di Indonesia karena ikut serta dalam penilaian akhir Adipura Paripurna.

Menurut dia, pencapaian saat ini merupakan hasil dukungan masyarakat Pati dalam menjaga kebersihan Kota Pati.

“Kami juga berterima kasih kepada semua pihak, termasuk paguyuban PKL yang turut bekerja sama menjaga kebersihan dan keindahan Kota Pati,” ujarnya.

Ia berharap seluruh elemen masyarakat dapat lebih termotivasi dalam membudayakan lingkungan yang bersih, sehingga Pati akan selalu dikenal sebagai kota yang bersih, indah dan asri dan teduh.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pati Purwadi menambahkan, kota yang berhasil mendapat Adipura Paripurna hanya Surabaya untuk kategori kota metropolitan, Balikpapan (kategori kota besar), dan Tulungagung (kategori kota sedang).

Sementara untuk kategori kota kecil, kata dia, memang belum ada yang mendapatkan, termasuk kabupaten/kota yang menjadi nominator.

Ia mengakui, inovasi-inovasi yang dipersyaratkan agar bisa mencapai level paripurna cukup berat dan kabupaten/kota lain juga merasakan hal yang sama.

Dalam rangka mencapai level tertinggi tersebut, kata dia, Pemkab Pati akan menyiapkan strategi baru guna mencapai dan memenuhi semua inovasi-inovasi yang dipersyaratkan Adipura Paripurna.

BACA JUGA  KPU Pati Sosialisasi Ke Parpol

“Kami tetap akan berusaha agar bisa meraih hasil terbaik tahun depan,” ujarnya.

Program penghargaan piala adipura kini dibagi menjadi lima kategori, yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bakti, dan Adipura Paripurna, sedangkan Adipura Kencana ditiadakan.

Untuk kategori Adipura Buana diberikan kepada pemerintah daerah yang menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan, sementara Adipura Kirana memfokuskan penilaiannya pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Adapun kategori Adipura Karya penilaiannya merupakan penggabungan aspek sosial dan ekonomi untuk membentuk kota produktif, penciptaan lapangan kerja, pendidikan kesehatan, transportasi massal ramah lingkungan dan jaringan kerja sama antar daerah.

Sementara Adipura Bhakti diberikan kepada walikota/bupati terbaik yang progresif, kolaboratif dan kreatif, sedangkan Adipura Paripurna merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota dengan capaian minimal dua kategori dari beberapa kategori. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...