Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Transportasi Haji Tidak Laik Jalan

Kunjungan Fikri di BPIH Mekkah.SEMARANG, Jowonews.com – Moda transportasi darat bagi jamaah haji asal Indonesia dinilai tidak laik jalan. Hal itu dikeluhkan jamaah asal Jawa Tengah yang menggunakan bus untuk mengangkut jamaah dari Madinah ke Mekah dan selama di Mekah dinilai sangat buruk karena menggunakan armada berusia tua dan mudah rusak.

Anggota Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) Jawa Tengah Yudhi Indrast Wiendarto mengungkapkan, armada bus yang disewa Pemerintah Indonesia merupakan bus yang dinilai sudah tidak laik jalan. Selain itu, kendaraan tersebut juga sering rusak di tengah jalan. Hal ini bisa menghambat pelaksanaan ibadah haji.
“Kloter saya yang terdiri dari delapan regu menggunakan delapan bis. Dari delapan bis tersebut yang tidak mengalami kerusakan hanya dua buah. Sehingga perjalanan Medinah sampai Mekah yang harusnya ditempuh dalam 7 – 8 jam molor sampai 12 jam,” kata Yudhi langsung dari Mekah, Rabu (23/9).

Anggota TPHD yang juga Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah mengaku bus yang ditumpangi regunya menempuh perjalanan tersebut dengan menggunakan persneling satu sehingga tidak bisa berjalan cepat. Kerusakan lain yang dialami bus bus yang mengangkut jamaah asal Jawa Tengah antara lain ban pecah sampai kerusakan mesin yang mengakibatkan bus tidak bisa lagi berjalan.

Parahnya layanan transportasi haji tersebut, diakibatkan dipangkasnya komponen ongkos naik haji (ONH) khususnya bidang transportasi. Pemangkasan ini dinilai tidak tepat dan mengganggu pelaksanaan ibadah haji. “Pemerintah harus tanggung jawab terhadap kondisi ini dan harus segera mengambil langkah kongkrit,” katanya. (JN15)

BACA JUGA  30 Persen Calhaj Wonosobo Risiko Tinggi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...