Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Truk Tangki Terbakar, Pertamina: Stok BBM Aman

BANJARNEGARA, Jowonews.com – PT Pertamina Patra Niaga Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Maos, Cilacap, memastikan pasokan BBM untuk Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tetap aman pascakebakaran truk tangki bermuatan BBM di Banjarnegara.

“Truk tangki itu membawa kiriman BBM untuk SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Selokromo, Kabupaten Wonosobo. Atas izin Pertamina dan Hiswana Migas, kami coba alihkan ke SPBU terdekat,” kata Supervisor PT Pertamina Patra Niaga Terminal BBM Maos Gede Pramita di Banjarnegara, Rabu.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan lebih dulu tangki berpelat nomor R-1904-EA yang mengalami musibah itu bisa jalan atau tidak bisa jalan karena tabung udaranya mengalami kerusakan.

Menurut dia, berdasarkan pemeriksaan sementara yang dilakukan mekanik, kebakaran tersebut mengenai tabung udara truk tangki.

“Yang pasti, langkah awal kita alihkan ke SPBU terdekat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Gede mengatakan bahwa pihaknya setiap pagi selalu mengecek kondisi truk-truk tangki saat berada di area “transporter” Terminal BBM Maos sebelum armada tersebut berangkat mengirim pasokan BBM ke SPBU.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan cek dan ricek hasil pengecekan di area “transporter” tersebut dengan kondisi truk yang mengalami musibah.

“Indikasi awal di lokasi kejadian, bannya meledak. Kami masih cek, apakah bannya meledak atau kampas remnya seperti apa,” jelasnya.

Saat dihubungi melalui saluran telepon, Area Manager Communications and Relations PT Pertamina Jawa Bagian Tengah Suyanto mengatakan bahwa pasokan BBM untuk wilayah Kabupaten Wonosobo tidak ada masalah.

“Teman-teman di lapangan sudah mengantisipasinya dengan mengalihkan ke SPBU terdekat,” katanya.

Seperti diwartakan, truk tangki bermuatan BBM sebanyak 24.000 liter yang dikemudikan Tarisun, warga Cilongok, Kabupaten Banyumas, nyaris terbakar setelah mengalami pecah ban di depan Kantor Kelurahan Semampir, Kabupaten Banjarnegara, Rabu (24/2), sekitar pukul 10.00 WIB.

BACA JUGA  Pertamina Kesulitan Pasok BBM ke Karimunjawa

Bahkan, api yang muncul dari sisi kiri bagian belakang tangki tampak merambat sehingga pengemudi truk bersama warga sekitar berupaya memadamkannya dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) agar tidak masuk ke dalam tangki.

Kendati telah menghabiskan sedikitnya 10 tabung APAR, api tersebut tidak kunjung padam hingga akhirnya datang dua unit mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara dan api dapat dipadamkan satu jam kemudian. (JN03/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...