Jowonews

Logo Jowonews Brown

UIN Walisongo Gelar Seminar Kewirausahaan

walisongoSemarang, Jowonews.com – Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Walisongo Semarang menggelar event yang seperti biasanya diadakan tahunan yakni Pendidikan Anggota (PAg) koperasi dengan mendatangkan Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga. Tema dalam event kali ini adalah “Building The Kingdom With Spirit of Enterpreneurship”, Senin (24/8). Untuk tahun ini, Pendidikan Anggota Kopma diikuti oleh 3500 peserta sesuai dengan jumlah Mahasiswa yang masuk di UIN Walisongo Semarang.

Ketua panitia, Nurul Wafa, mengungkapkan event ini akan diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru UIN Walisongo Semarang dan mahasiswa lama yang belum ikut acara ini. Sebab, event ini sangat lah penting. “Mengapa wajib? Sebab, ini akan menjadi salah satu syarat wisuda, atau yang lebih sering dikenal dengan BEBAS KOPMA.” Ungkapnya.

Nurul juga menambahkan, tidak hanya kewajiban, event ini juga memiliki tujuan yang sangat penting,  yakni mengenalkan para mahasiswa baru dengan dunia kewirausahaan. “Dengan mengundang para pemateri yang handal dibidangnya, para peserta akan disuguhi pengetahuan tentang perkoperasian dan kewirausahaan. Dengan adanya pengetahuan ini, diharapkan para peserta akan mulai terbuka untuk menjajaki dunia wirausaha.” Imbuhnya.

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga menyampaikan bahwa salah satu kebijakan pemerintah saat ini adalah pembangunan klaster yang terkonsentrasi pada masyarakat yang produktif dan kreatif. Pimpinan BUMN dan CEO perusahaan didorong untuk ikut berpartisipasi membangun semangat anak muda generasi penerus bangsa dalam berwirausaha. Keterlibatan semua pihak dalam upaya penumbuhan wirausaha sangatlah penting.

“Jumlah wirausaha Indonesia saat ini baru mencapai 1,65 persen atau sebanyak 3,7 juta orang. Untuk dapat dikategorikan sebagai negara maju, kita harus memiliki minimal 2 persen wirausaha dari jumlah penduduk Indonesia. Jadi, minimal ada 5 juta yang perlu terus kita dorong untuk tumbuh dan berkembang”, Tandasnya.

BACA JUGA  Ratusan Mahasiswa Unnes Cabuti Paku Pohon

Tidak hanya acara penddikan koperasi aja, event ini juga akan dimerahkan oleh UKM Expo. (JN14)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...