Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Undip Siapkan Sisa Kuota Mahasiswa dari SBMPTN dan Jalur Mandiri

Prof Dr Yos Johan Utama, SH, Mhum, Guru Besar Undip Ahli Bidang Hukum Administrasi negara
Prof Dr Yos Johan Utama, SH, Mhum, Guru Besar Undip Ahli Bidang Hukum Administrasi negara
Prof Dr Yos Johan Utama, SH, Mhum, Guru Besar Undip Ahli Bidang Hukum Administrasi negara

Semarang, Jowonews.com – Setelah sebanyak 3.581 calon mahasiswa atau sebesar 50 persen masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Universitas Diponegoro Semarang menyediakan kuota mahasiswa baru sebesar 30 persen melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015.

Menurut Rektor Undip, Yos Johan, Undip menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (UM) atau jalur mandiri. Dari SNMPTN, kata dia, Undip sudah menjaring sebanyak 3.581 calon mahasiswa atau sebesar 50 persen dari total daya tampung 7.160 mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) itu pada tahun ini.

Nantinya para mahasiswa tersebut tersebar pada 49 program studi S-1 yang ada di Undip. “Kalau untuk SNMPTN kami sediakan 50 persen kuotanya, SBMPTN kami siapkan 30 persen, sementara sisanya akan diambilkan dari jalur mandiri,” jelasnya, Jumat (22/5) kemarin.

Terkait dengan jadwal SBMPTN, Yos menjelaskan pendaftaran secara online dimulai pada 12-29 Mei 2015, kemudian dilanjutkan ujian tertulis pada 9 Juni 2015 dan 10-11 Juni ujian keterampilan. 

Guru besar FH Undip ini juga mengingatkan calon mahasiswa yang kurang mampu untuk tidak perlu khawatir, sebab pada jalur SBMPTN juga membuka peluang untuk pendaftar beasiswa Bidik Misi. 

Dari jalur SNMPTN, kata Yos, Undip sudah mendapatkan sebanyak 958 calon mahasiswa yang masuk Bidik Misi, atau sekitar 25 persen lebih dari total calon mahasiswa dari jalur tersebut. “Kami berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa kurang mampu, salah satunya didukung beasiswa Bidik Misi,” tutupnya. (JN03)

BACA JUGA  Dosen dan Mahasiswa Undip Tolak Revisi UU KPK

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...