Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Unissula Kenalkan Kursi Roda Modern

SEMARANG, Jowonews.com – Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) memamerkan produk hasil riset dosen dan mahasiswa yaitu Kerapung RHP. Kerapung merupakan kursi roda  apung yang dapat mengambang dan berjalan di atas air baik secara otomatis maupun manual dengan bantuan kincir air.

Karya teknologi ini dipamerkan pada gelar produk industri logam 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Pameran tersebut berlangsung di Java Mall Semarang. Jumat, (13/5/2016).

Kerapung digerakkan oleh dua motor listrik yang berada di belakang sandaran yang bersumber dari baterei yang dapat di charge ulang. Selain itu terdapat alat kendali untuk mengatur arah, kecepatan serta memiliki pelampung.

Menurut dosen pembimbing riset kerapung Akhmad Syakhroni kerapung memang dirancang untuk daerah rawan banjir. “Dengan adanya kerapung diharapkan membantu pengguna kursi roda untuk dapat menyesuaikan diri serta dapat bergerak secara mandiri ketika kondisi banjir”, ujarnya.

Selain Kerapung RPH produk unggulan lain yang dipamerkan yaitu alat penyiram air pertanian bawang merah. Alat tersebut merupakan modifikasi dari mesin pompa penyedot air yang dimodifikasi menyesuaikan dengan kontur lahan pertanian bawang merah. Dengan adanya alat tersebut proses penyiraman lahan pertanian menjadi lebih cepat dan efisien.

FTI juga memaerkan produk – produk lain seperti dental chair portable, ayunan bayi otomatis serta robot pemadam api yang berhasil menjadi juara satu kontes robot pemadam api di Amerika Serikat. (jn21/jn03)

BACA JUGA  Operasi Pasar Bukan Solusi Kenaikan Harga Sembako

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...