Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Untidar Bangun Fakultas Pertanian di Kabupaten Temanggung

unitdarTemanggung, Jowonews.com –  Fakultas Pertanian Universitas Tidar (Untidar) Magelang dipastikan dibangun di wilayah Kabupaten Temanggung,  setelah pemkab setempat menghibahkan lahan seluas 39.636 meter persegi kepada perguruan tinggi negeri tersebut, Rabu (12/8) kemarin.

Direncanakan, lahan seluas 39.636 meter persegi tersebut merupakan kawasan Agro Techno Park di antara Gunung Sumbing dan Sindoro di Desa Kwadungan Gunung, Kecamatan Kledung, Temanggung.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno berharap ke depan di wilayah Temanggung banyak terdapat perguruan tinggi sehingga masyarakat yang ingin menempuh pendidikan lebih tinggi tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.

“Selain itu, bila telah lulus dari perguruan tinggi tersebut bisa bekerja di Temanggung sekaligus mengurangi urbanisasi,” katanya usai acara penandatanganan berita acara serah terima hibah barang milik Pemkab Temanggung, di Pendopo Jenar Kompleks Setda Temanggung.

Pemkab Temanggung sebenarnya sudah berkeinginan untuk mempunyai perguruan tinggi negeri yakni Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Temanggung, bekerja sama dengan Politeknik Negeri Jember. Namun, hingga saat ini Komisi A DPRD Temanggung belum menyetujui hibah tanah seluas 20.000 meter persegi di di Desa Karanggedong, Kecamatan Ngadirejo untuk perguruan tinggi tersebut.

Selain penyerahan hibah tanah kepada Untidar, Pemkab Temanggung juga menyerahkan hibah tanah kepada Kodim 0706/Temanggung untuk pembangunan Koramil di empat kecamatan yakni, Selopampang, Tlogomulyo, Bejen masing-masing 250 meter persegi dan Kecamatan Gemawang seluas 550 meter persegi.

Kemudian hibah tanah seluas 1.200 meter persegi di kompleks perkantoran Lingkungan Paingan, Kelurahan Purworejo, Temanggung untuk pembangunan rumah dinas Kepala Kejaksaan Negeri Temanggung, Kantor Pertanahan Temanggung tanah seluas 1.050 meter persegi dan bangunan di atasnya berupa gedung seluas 370 meter persegi.

Selain itu, juga diserahkan kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Temanggung tanah seluas 1.400 meter persegi, PMI Temanggung (220 meter persegi), Madrasah Ibtidaiyah Negeri Temanggung ( 3.644 meter persegi), dan hibah untuk Desa Jambon dan Desa Jumo seluas 663 meter persegi dan bangunan rumah eksrumah dinas Camat Jumo yang berdiri di atasnya. (JN03)

BACA JUGA  Kurangi Sampah Plastik, Pemkot Magelang Ajak ASN Bawa Tumbler

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...