Jowonews

Logo Jowonews Brown

Wabup Resmi Jabat Plt Bupati Purbalingga

PURBALINGGA, Jowonews.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menunjuk Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sebagai Pelaksana Tugas Bupati Purbalingga, kata Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

“Dua atau tiga hari lalu, kami sudah dapat surat dari Mendagri, surat tertanggal 6 Juni yang intinya menegaskan bahwa karena kepala daerah, Bupati Purbalingga berhalangan sementara, maka supaya pemerintahan berjalan sebagaimana mestinya, Ibu Wakil Bupati ditugasi menjadi Pelaksana Tugas Bupati,” katanya di Purbalingga, Jumat.

Menurut dia, Mendagri juga meminta Gubernur Jateng untuk memberikan penegasan dan memonitor Kabupaten Purbalingga terlebih dalam menghadapi lebaran.

Dalam hal ini, penegasan tersebut berupa Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor 131/0009157 tentang Penugasan kepada Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Selaku Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Purbalingga yang merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.33/3538/SJ tanggal 6 Juni 2018.

Ia mengatakan, surat tersebut sudah diserahkan ke Wabup Dyah Hayuning Pratiwi dengan tembusan di antaranya ditujukan kepada Ketua DPRD Purbalingga dan Sekretaris Daerah Purbalingga.

“Sebenarnya secara ‘de facto’, pelaksana tugas bupati bertugas sejak bupati berhalangan sementara pada Selasa (5/6), namun formalnya hari Jumat (8/6) sejak saya menyerahkan surat,” kata dia.

Lebih lanjut, Heru mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa Bupati Purbalingga Tasdi yang memberikan pengaruh secara psikologis terhadap aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...