Jowonews

Logo Jowonews Brown

Wabup: Wonosobo Terus Berupaya Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Keluarga Kecil

WONOSOBO, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terus berupaya meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera, kata Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo.

Agus di Wonosobo, Jumat, mengatakan tugas utama yang harus dilakukan semua pihak, yaitu bagaimana mendorong dan menggerakkan masyarakat untuk mau ber-KB, dengan melibatkan berbagai potensi yang ada, dan meningkatkan kualitas penduduk.

Kemudian bagaimana menciptakan SDM berkualitas, melalui strategi peningkatan program pembangunan keluarga, dengan meningkatkan kapasitas tenaga lapangan dan kader, serta kelembagaan pembinaan keluarga dalam hal penyuluhan tentang pemahaman 8 fungsi keluarga, dan peningkatan kerja sama lintas sektor.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2019 Kabupaten Wonosobo yang dipusatkan di halaman Sasana Adipura Kencana.

Ribuan masyarakat mengikuti senam kesehatan jasmani (SKJ), dilanjutkan jalan sehat bersama pada puncak Harganas tersebut.

Sesuai dengan amanat UU nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah diamanatkan bahwa, urusan pemerintah bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, merupakan urusan wajib dan konkuren atau bersama, antara pemerintah pusat dan daerah.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan program keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) perlu partisipasi aktif dari berbagai pihak, baik pemerintah daerah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan mitra kerja lainnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Wonosobo Junaidi menuturkan agenda ini dilatarbelakangi oleh betapa pentingnya arti sebuah keluarga dalam kehidupan manusia.

Oleh karena itu, katanya pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan komitmen dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana untuk mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

Hal tersebut bertujuan meningkatnya kepedulian dan peran serta seluruh pemangku kepentingan dan mitra kerja serta masyarakat, antara lain melalui kegiatan Bhayangkara KB Kes.

Meningkatnya peran keluarga dalam pelaksanaan 8 fungsi keluarga itu sebagai dasar ketahanan keluarga yang tangguh serta terbentuknya kesiapan keluarga dalam menghadapi tantangan dan permasalahan dalam keluarga.  (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...